Tips Mengatasi Kantuk Saat Mengendarai Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 1 May 2020

Tips Mengatasi Kantuk Saat Mengendarai Mobil

momobil.id – Panjangnya perjalanan dan banyaknya rintangan selama perjalanan kerap kali membuat pengemudi merasa lelah. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi pengemudi, karena risiko untuk terjadi kecelakaan semakin tinggi. Oleh karena itu, pengemudi harus bisa mengatasi rasa kantuk saat mengendarai mobil, terutama pada saat berkendara jarak jauh. Berikut adalah beberapa tips bagi pengemudi untuk mengatasi rasa kantuk saat mengendarai mobil.

Menepi dan Beristirahat Sejenak

Batas manusia untuk mengemudi memang berbeda-beda, namun biasanya pengemudi akan merasa lelah dua setengah jam kemudian. Jika pengemudi berasa benar-benar lelah, maka menepi dan tidurlah selama kurang lebih 15-30 menit. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk menghindari risiko kecelakaan.

Minum Kopi

Sediakan kopi jika mengemudi dengan jarak yang jauh. Kandungan kafein pada kopi cukup berpengaruh ketika sedang berkendara. Kafein dapat membantu untuk menjaga kesadaran, terlebih saat menyetir. Namun, bagi beberapa orang yang rutin minum kopi, secangkir kopi tidak cukup untuk menemani mengemudi.

Sediakan Air Mineral

Air mineral penting untuk dibawa di setiap perjalanan, terlebih perjalanan jauh. Air mineral dapat menghilangkan rasa haus. Dengan menyediakan air minum, pengemudi tidak perlu repot mencari air mineral ketika berada di jalan tol ketika haus. Selain itu, air mineral juga dapat digunakan untuk membasuh muka ketika merasa kantuk.

Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minum

Konsumsi makanan dan minuman juga berpengaruh pada konsentrasi mengemudi. Perhatikan porsi makanan agar tidak berlebihan, dan hindari makanan yang memiliki lemak jenuh. Porsi makan yang berlebihan dapat menimbulkan rasa kantuk yang cepat. Ketika pengemudi sedang mengemudi dan merasa lapar, dianjurkan untuk membawa makanan ringan seperti buah, atau biskuit.

Hindari Minuman Beralkohol dan Obat-obatan

Pengemudi disarankan untuk memperhatikan minuman beralkohol dan obat-obatan. Hal ini dapat memberikan efek bagi pengemudi. Hindari konsumsi obat-obatan yang dapat memberikan efek samping mengantuk jika sedang berkendara. Jika obat tersebut dianjurkan oleh dokter, maka sebaiknya jangan mengemudi terlebih dahulu untuk menghindari bahaya.

Baca Juga : Kenali Alasan Pentingnya Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Buka Jendela Mobil

Pendingin udara dalam mobil biasanya membuat pengemudi mengantuk. Hal ini bisa saja terjadi karena udara dingin di dalam mobil membuat pengemudi menjadi terlalu nyaman saat berkendara. Untuk itu, buka jendela mobil sedikit agar udara dari luar masuk.

Ajak Teman Berkendara

Ajaklah teman atau keluarga saat ingin mengemudi dengan jarak jauh, namun sedang merasa lelah atau kurang tidur. Dengan adanya teman berkendara, pengemudi dapat mengobrol bersama dan menghilangkan rasa lelah dan kantuk. Jika sudah benar-benar lelah, pengemudi dapat bergantian mengemudi.



Kembali ke atas