Tips Mengatasi Mata yang Mulai Lelah ketika Mengemudi

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 12 January 2021

Tips Mengatasi Mata yang Mulai Lelah ketika Mengemudi

momobil.id – Ketika mengemudikan mobil dengan menempuh jarak jauh dan waktu yang cukup lama, biasanya mata kita akan mengalami kelelahan. Penyebabnya karena kita harus berkonsentrasi ketika mengemudikan mobil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak tips kembali menyegarkan mata saat mengemudi.

Ketika mata sudah lelah, apa saja ciri-cirinya? Melansir Wuling.id, ciri-ciri mata lelah antara lain mata terasa berat dan berair, perih, kering, dan gatal. Jika sudah mengalami hal-hal tersebut jangan lantas dibiarkan begitu saja. Jika dibiarkan, tentunya akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan juga pengguna jalan lain. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berkedip dan memberikan obat tetes mata

Hal sederhana ketika mata sedang kering dan lelah adalah dengan mengedipkan mata. Secara alami, mengedipkan mata bermanfaat untuk melembabkan mata dan membuat lebih segar.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk kembali menyegarkan mata yang lelah. Jadi jangan lupa untuk membawa obat tetes mata di dalam mobil.

Memijat area mata

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah memijat area mata. Ketika mata sudah terasa lelah, kita bisa melakukan pijatan lembut pada kelopak mata, otot atas alis, dan atas pipi. Pijat bagian tersebut sampai kita merasa segar kembali.

Baca juga: Tips Mengatasi Kantuk saat Mengendarai Mobil

Fungsi memijat area mata tersebut adalah untuk merangsang kelenjar air mata agar membuat mata kita terasa lebih segar kembali.

Menggunakan kacamata hitam

Mengemudi menggunakan kacamata
Mengemudi menggunakan kacamata

Ketika mengemudikan mobil terutama di siang hari, sinar matahari yang silau bisa membuat mata kita kering. Cara untuk mengatasinya adalah dengan memakai kacamata hitam. Cahaya yang diterima oleh mata bisa dikurangi oleh bantuan kacamata hitam yang kita. Selain bermanfaat untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk ke mata, ini juga bisa menambah gaya saat mengemudikan mobil.

Peregangan ringan

Ilustrasi peregangan ringan

Tips menyegarkan mata selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan ringan. Cara ini membantu untuk membuat rileks mata dan bagian-bagian tubuh lain saat mengemudi. Dengan tubuh yang segar setelah peregangan, tentunya konsentrasi akan kembali terjaga.


Kembali ke atas