Tips Mengatur Posisi Mengemudi agar Nyaman Saat Berkendara

Ditulis oleh : admin | 13 December 2021

Tips Mengatur Posisi Mengemudi agar  Nyaman Saat Berkendara

momobil.id – Posisi mengemudi kerap disepelekan oleh pengemudi. Terkadang, pengemudi mengatur posisi bangku yang terlalu tegak sehingga terlalu kaku. Tidak jarang pengemudi mengatur bangku yang rebah, sehingga posisi terlalu santai. Mengatur posisi duduk saat mengemudi merupakan salah satu hal yang penting saat berkendara. Selain itu, posisi mengemudi yang benar dapat membuat pengemudi menjadi lebih fokus dan nyaman saat berkendara. Sebaliknya, apabila posisi duduk salah, pengemudi akan kelelahan pada saat mengoperasikan kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk mengetahui cara mengatur posisi duduk yang benar saat mengemudi.

Mengatur Sandaran Jok

Posisi pertama adalah dengan menempelkan punggung ke sandaran jok. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatur reclining dari jok, kemudian atur posisi tangan lurus ke bagian atas setir. Punggung disarankan untuk menempel pada back rest secara penuh. Pastikan tulang ekor menempel di sandaran, dan bagian paha tertopang oleh kursi jok.

Atur Posisi Kaki Saat Hendak Mengemudi

Setelah mengatur sandaran, atur maju mundur jok mobil. Posisi kaki tidak boleh terlalu menekuk karena dapat menghambat sirkulasi darah. Pada mobil manual, usahakan telapak kaki bisa meraih seluruh pedal pada mobil sehingga posisi mengemudi menjadi lebih nyaman. Sedangkan untuk mobil bertransmisi otomatis, kaki kiri harus bisa menyentuh foot rest.

Baca Juga: Ini Tips Menggunakan Sabuk Pengaman yang Benar

Atur Ketinggian Setir

Pada mobil modern, ketinggian pada setir bisa diatur agar pengalaman berkendara lebih nyaman. Biasanya, tuas pengaturan ketinggian setir berada di bagian bawah setir. Pengemudi perlu memastikan ketinggian setir tidak menghalangi pandangan ke panel instrumen. Selain itu, pastikan bahwa posisi tangan dalam kondisi nyaman saat mengemudi.

Perhatikan Posisi Tangan Saat Menyetir

Untuk posisi tangan saat menyetir, pastikan tangan menekuk setidaknya kurang dari 35 derajat. Posisi setir yang terlalu dekat dapat menghambat gerakan saat mengemudi. Selain itu, posisi yang terlalu dekat dengan setir juga sangat berbahaya karena dapat menghambat letupan airbag apabila terjadi kecelakaan. Sedangkan posisi tangan yang terlalu jauh membuat pengemudi sulit untuk mencapai setir.

Atur Posisi Headrest

Pada saat mengemudi, pastikan posisi headrest pas dengan leher dan kepala. Posisikan bagian tengah headrest sejajar dengan ujung atas telinga. Hal ini dilakukan agar pengemudi terhindar dari cedera apabila terjadi tabrakan.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas