Tips Ngecas Mobil Listrik Supaya Tidak Merusak Baterai

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 18 November 2020

Tips Ngecas Mobil Listrik Supaya Tidak Merusak Baterai

momobil.id – Sebagai salah satu pilihan mobil yang ramah lingkungan, mobil listrik mampu menarik banyak pengendara untuk beralih menggunakan mobil listrik. Jika kalian ingin beralih menggunakan mobil listrik, pastikan mencatat tips mengecas mobil listrik berikut agar tidak merusak baterai.

Dilansir dari Detik.com, Service General Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Putra Samiaji, menyarankan agar pemilik mobil listrik menggunakan slow charging daripada fast charging. Penggunaan slow charging setidaknya bisa menjamin baterai mobil listrik lebih panjang umur.

Jika pemilik mobil listrik ingin menggunakan fast charging, disarankan saat presentase baterai sudah menipis dan jauh dari rumah. Untuk mengimbangi, pastikan tetap menggunakan metode slow charging setidaknya sekali dalam dua minggu.

Baca juga: Mobil Listrik Tak Digunakan Selama Sebulan, Begini Cara Merawatnya

Selain penggunaan slow charging, pemilik mobil listrik juga perlu memperhatikan presentase baterai sebelum melakukan pengisian ulang. Dilansir dari Tempo.co, Hyundai menyarankan melakukan pengisian saat presentase baterai di bawah 20 persen. Hal ini untuk menghindari penurunan kinerja baterai mobil listrik.

Mobil listrik
Ilustrasi ngecas mobil listrik

Pemilik mobil listrik juga harus teliti saat melakukan pengisian ulang. Untuk penggunaan sehari-hari, disarankan mengisi baterai hingga presentase 80 – 90 persen. Hal ini untuk menghindari potensi degradasi baterai. Sementara saat menempuh jarak jauh, pengisian hingga 100 persen masih wajar asal pengisian hingga kapasitas maksimum dilakukan sebagai rutinitas.

Selanjutnya, jika mobil listrik jarang digunakan, hindari kondisi baterai kosong. Tidak disarankan juga membiarkan mobil dengan baterai dalam kondisi penuh dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Tak Ada Oli Mesin, Perawatan Mobil Listrik Hanya Perlu Ganti Komponen Ini

Terakhir, disarankan kepada pemilik mobil listrik untuk memarkir mobil di tempat yang teduh. Hindari terpapar langsung oleh sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Suhu yang panas akan mengakibatkan baterai akan terdegradasi lebih cepat. Sementara itu, suhu yang sangat rendah juga bisa mengakibatkan berkurangnya rentang jangkauan mengemudi.

Itulah beberapa tips mengecas mobil listrik yang bisa Sahabat Momo terapkan jika berencana membeli mobil listrik. Pastikan ikuti tips tersebut agar tidak merusak baterai.


Kembali ke atas