Tips Mengecek Kondisi Kaki-Kaki Mobil, Perhatikan Komponen Ini!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 September 2023

Tips Mengecek Kondisi Kaki-Kaki Mobil, Perhatikan Komponen Ini!

momobil.id – Kaki-kaki termasuk bagian vital pada mobil karena menentukan keamanan dan kenyamanan berkendara. Kondisi jalan yang rusak mengakibatkan kaki-kaki mobil sering bermasalah. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk mengecek kondisi kaki-kaki secara berkala. Agar lebih tepat, berikut tips mengecek kondisi kaki-kaki mobil.

Tanda Kaki-Kaki Bermasalah

Ketika kaki-kaki mobil bermasalah, ada beberapa gejala yang muncul, misalnya:

  • Arah pergerakan roda berubah dan tidak stabil.
  • Roda bergoyang dan menghasilkan bunyi.
  • Ada suara mendengung pada bagian bawah mobil.
  • Mobil limbung saat berada di tikungan.

Tips Mengecek Kondisi Kaki-Kaki Mobil

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi kaki-kaki pada kendaraan.

1. Spooring

Salah satu tips mengecek kondisi kaki-kaki mobil adalah dengan melakukan spooring. Posisikan setir mobil secara lurus, kemudian kendarai mobil di kecepatan 40-60 km/jam. Apabila mobil terasa melenceng atau condong ke salah satu sisi, maka lakukan spooring mobil dan segera cek kaki-kaki.

2. Periksa Bagian Rack Steering, Tie Rod, dan Rack End

Komponen Rack Steering, rack end, dan tie rod sangat berpengaruh terhadap pengendalian mobil karena terhubung langsung dengan setir. Kondisi dari ketiga komponen tersebut sangat menentukan kestabilan dari kendaraan.

Cara mengecek kondisi ketiga komponen ini cukup mudah. Angkatlah mobil terlebih darhulu, kemudian pegang dan gerakan ban ke arah kiri dan kanan. Pemilik mobil juga bisa menggunakan setir mobil untuk menggerakan ban. Apabila ada bunyi gesekan atau seperti beradu, maka terdapat masalah pada ketiga komponen tersebut.

3. Cek Bagian Shockbreaker

Pemeriksaan shockbreaker pada mobil bisa dilakukan melalui tes drive kendaraan melewati jalan yang berlubang. Pastikan guncangan pada mobil tidak keras dan tidak muncul bunyi asing dari bagian kaki-kaki kendaraan. Pemilik mobil juga bisa memeriksa kondisinya dengan cek fisik. Shockbreaker terletak di antara ban dan fender mobil. Pastikan tidak ada robek atau kebocoran pada shockbreaker.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Mobil Perlu Melakukan Spooring dan Balancing

4. Mengecek Laher Roda

Cara untuk memeriksa laher roda cukup mudah. Dongkraklah mobil terlebih dahulu, kemudian periksa pada bagian roda. Putarlah roda ke arah belakang bersamaan dengan memegang shockbreaker. Apabila ada getaran kasar pada shockbreaker ketika roda diputar, maka dipastikan laher roda bermasalah.

5. Ball Joint

Sesuai dengan namanya, ball joint merupakan komponen yang memiliki bentuk seperti roda dan dilapisi dengan karet. Komponen ini ditemui di bawah komponen tie road dan berfungsi untuk menghubungkan roda ke sasis kendaraan.

Untuk memeriksa kondisi ball joint, perhatikan bagian karet yang melapisinya Pada umumnya, karet mengalami robek sehingga oli pada ball joint keluar. Setelah itu, gerakan roda ke atas dan ke bawah menggunakan tangan.

6. Periksa Bagian Bearing Roda

Bearing roda mobil bisa menjadi aus akibat faktor usia kendaraan atau jarak tempuh yang sudah tinggi. Salah satu cara untuk memeriksa bagian bearing roda adalah dengan mendongkrak mobil. Kemudian, putarlah ban searah jarum jam. Bearing yang sudah aus akan mengeluarkan suara berdecit atau roda bergetar.

7. Kondisi Ban dan Velg

Ban dan velg merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan. Pemilik mobil bisa memperhatikan bentuk fisik pada ban mobil dengan mengecek kedalaman alurnya. Pastikan alur ban dalam keadaan baik dan tidak aus. Selain itu, pastikan karet ban tidak ada yang retak.

Untuk pengecekan pada bagian velg, perhatikan bentuk fisiknya. Pastikan tidak ada gelombang, retak, atau penyok pada fisik velg mobil.

8. Periksa Stabilizer dan Link Stabilizer

Stabilizer adalah besi yang menempel pada bagian link stabilizer dengan posisi horizontal dan terletak di link stabilizer merupakan komponen besi yang berdiri secara vertikal dengan bagian atas yang menempel pada stabilizer.

Pengecekan stabilizer bisa dilakukan dengan memberi pukulan halus menggunakan tangan. Apabila stabilizer oblak, maka komponen tersebut bermasalah. Sementara pengecekan link stabilizer bisa dilakukan langsung dengan menggoyangkannya.

9. Memeriksa Karet Bushing Arm

Komponen ini berfungsi untuk menjaga gerak naik turun ban pada as roda. Untuk mengecek komponen ini, belokan setir ke kiri atau kanan hingga mentok. Kemudian, periksalah komponen karet berwarna hitam yang berada di ujung as roda. Apabila karet tersebut pecah, maka karet bushing arm perlu diganti.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi kaki-kaki mobil. Klik di sini untuk tips dan trik otomotif lainnya!

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

JEMBER

Rp 135.000.000

Individu

JEMBER

Rp 99.000.000

Individu

JEMBER

Rp 88.000.000

Individu

JEMBER

Rp 72.000.000

Individu

JEMBER

Rp 160.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas