Tips Mengemudikan Mobil Ketika Melewati Turunan Tajam

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 April 2020

Tips Mengemudikan Mobil Ketika Melewati Turunan Tajam

momobil.id – Mengemudikan mobil di turunan tajam merupakan hal yang menakutkan bagi sebagian orang, apalagi bagi pengemudi pemula yang belum mampu menguasai kendaraan. Tidak hanya pemula saja, bagi para pengendara yang sudah memiliki pengalaman pun kadang menjadi suatu kekhawatiran. Jika pengemudi lalai, bisa saja membahayakan dan tidak jarang berakibat terjadinya kecelakaan, seperti mobil terperosok atau menabrak kendaraan di depannya. Oleh karena itu pengemudi harus lebih berhati-hati dalam mengendarai mobil di turunan tajam. Perlu diketahui, saat berkendara melewati turunan terjal, ada beberapa tips yang bisa di terapkan. Berikut adalah tips mengemudikan mobil ketika melewati turunan tajam agar terhindar dari kecelakaan.

Menggunakan Mobil Manual

Cara pertama yang dilakukan melewati turunan menggunakan mobil manual adalah menurunkan gigi terlebih dahulu. Usahakan turunkan pada posisi gigi 2 dan biarkan mesin melakukan pengereman. Selanjutnya, tekanlah rem sedikit-sedikit untuk menjaga rpm pada titik aman. Tidak perlu menekan rem terlalu dalam agar mencegah rem panas. Jika merasa mobil terlalu cepat, maka turunlah pada gigi 1. Bagi pemula, gunakan gigi 1 saja dalam hal ini, karena mobil tidak akan melaju cepat ketika menggunakan gigi 1.

Dengan Mobil Otomatis

Dalam menerjang turunan tajam dengan mobil otomatis, pengemudi cukup menempatkan tuas transmisi di posisi gear ke dua. Bila merasa masih kurang, maka tempatkan tuas pada posisi L. Perlu diketahui bahwa mobil matik tidak bisa mengandalkan rem saja pada saat berhenti di turunan terjal. Perlu dibantu dengan engine break agar mengurangi keausan pada komponen tertentu.

Baca Juga : Hal yang Harus Diperhatikan Saat Konvoi Mobil

Cek Kondisi Kampas Rem

Selain gaya mengemudi, masalah teknis pada mobil juga mempengaruhi. Ketika mobil mengalami masalah teknis, seperti rem yang bermasalah atau transmisi yang bermasalah, hal itu dapat membahayakan dan menimbulkan kecelakaan. Selalu rutin mengecek komponen mobil pada saat bepergian. Komponen utama yang harus dicek adalah kampas rem. Kampas rem sangat penting dalam melewati turunan tajam. Ketika kampas rem lama tak diganti, hal ini dapat menimbulkan kecelakaan pada saat melewati turunan.



Kembali ke atas