Tips Mengendarai Mobil Matik di Pegunungan

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 20 November 2020

Tips Mengendarai Mobil Matik di Pegunungan

momobil.id – Akhir pekan atau hari libur biasanya dimanfaatkan untuk bepergian ke tempat wisata. Salah satu tujuan wisata yang digandrungi banyak orang adalah pegunungan. Jika Sahabat Momo ingin pergi ke pegunungan menggunakan mobil matik, simak dulu tips mengendarai mobil matik di pegunungan yang sudah kami rangkum.

Banyak yang berpendapat kalau mobil bertransmisi otomatis sebaiknya tidak dibawa menanjak di daerah pegunungan. Kemampuan menanjak mobil matik dianggap tidak sebaik mobil dengan transmisi manual. Lantas bagaimana jika kita tetap menggunakan mobil matik untuk menanjak di daerah pegunungan?

Pertama, yang perlu diperhatikan adalah menjaga kecepatan. Pastikan mobil yang Sahabat Momo bawa memiliki kecepatan yang cukup saat menanjak. Dilansir dari Medcom.id, cukup memainkan pedal gas sesuai kebutuhan dan melakukan kickdown untuk mendapatkan tenaga yang cukup saat menanjak.

5 hal mobil matic
Tuas transmisi mobil matik

Sahabat Momo juga harus tetap mengatur transmisi secara mandiri. Pindahkan tuas transmisi ke posisi 2 atau L (1/low). Hal ini bertujuan untuk memudahkan mobil saat menanjak bahkan di tanjakan curam. Pastikan saat menaiki tanjakan, jaga putaran mesin di angka 3000-35000 rpm. Jika melewati angka tersebut, maka pindahkan tuas transmisi ke D2 agar mobil berpindah gigi. Sangat penting untuk menjaga putaran mesin agar tidak mati.

Baca juga: Kenali Empat Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Matik

Selain jalan menanjak, Sahabat Momo juga perlu sigap saat melewati turunan. Pindahkan transmisi ke posisi lebih rendah agar mendapatkan efek engine brake sehingga lebih aman. Ini bertujuan agar mobil tidak turun dengan kecepatan tinggi. Selain itu, penggunaan gigi rendah juga membantu kinerja rem mobil agar tidak berat.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menjaga jarak dengan kendaraan lain. Pastikan jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang berada di depan. Hal ini untuk menghindari jika terjadi insiden seperti mobil yang tak kuat menanjak. Beri jarak dengan mobil di depan kira-kira 10-20 meter.

Terakhir, lakukan servis secara berkala. Sebelum bepergian, Sahabat Momo harus memastikan mobil dalam kondisi prima. Ganti oli transmisi otomatis sesuai waktu yang sudah direkomendasikan. Cek juga bagian mesin dan rem agar tidak terjadi masalah saat di jalan.

Itulah tadi beberapa tips mengendarai mobil matik di pegunungan. Jika Sahabat Momo ingin bepergian ke pegunungan, pastikan mengikuti tips di atas agar selalu aman.


Kembali ke atas