Tips Menggunakan AC Mobil agar Lebih Terawat dan Aman

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 12 November 2020

Tips Menggunakan AC Mobil agar Lebih Terawat dan Aman

momobil.id – AC atau Air Conditioner merupakan salah satu bagian penting yang ada pada mobil. Selain sebagai penunjang kenyamanan, AC mobil juga bisa sebagai penunjang keselamatan dalam berkendara. Sangat penting mengetahui bagaimana tips menggunakan AC mobil yang benar agar aman dan lebih terawat.

Sahabat Momo pastinya tidak ingin AC mobilnya bermasalah. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips menggunakan AC mobil untuk Sahabat Momo semua.

Gunakan secara wajar

Ketika Sahabat Momo sedang melakukan perjalanan jauh, sebaiknya atur suhu AC pada posisi separuh. Hal ini bertujuan agar kompresor tidak bekerja secara terus menerus. Dalam jangka panjang, jika menggunakan AC pada suhu maksimal secara terus menerus, akan memperpendek usia kompresor dan bisa menyebabkan AC yang tidak dingin lagi.

Hindari membuka jendela saat AC menyala

Saat berkendara dan menggunakan AC, pastikan Sahabat Momo menutup jendela. Hal ini bertujuan untuk menghindari debu atau kotoran ke dalam kabin mobil dan terhisap oleh AC serta untuk menghindari munculnya bau yang tidak sedap dari AC.

Tetap nyalakan AC saat hujan

Saat hujan, suhu di luar kabin biasanya akan lebih dingin dibandingkan suhu di dalam kabin. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya embun pada kaca mobil.

“Saat hujan, terdapat perbedaan suhu antara di dalam dengan di luar ruangan. Untuk itu sebaiknya AC mobil tetap dinyalakan. Kalau tidak, akan berembun,” pungkas Sapta Agung Nugraha selaku Service Head Auto2000 Bekasi kepada Kompas.com.

Embun pada kaca mobil bisa mengganggu jarak pandang pengemudi. Hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan juga penumpang. Namun, ada langkah mudah untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menyalakan AC.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Sebaiknya Tak Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan

Jangan merokok saat AC menyala

Untuk Sahabat Momo yang merokok, pastikan jangan merokok saat AC menyala. Asap rokok yang berlebihan bisa menyebabkan kabin kotor. Hal ini bisa mengakibatkan AC tidak dingin dan cepat rusak.

Matikan AC sebelum mematikan mesin mobil

Ketika Sahabat Momo sudah sampai tujuan, apakah Sahabat Momo langsung mematikan mesin tanpa mematikan AC? Jika iya, maka hal tersebut perlu diubah. Pastikan mematikan AC mobil sebelum mematikan mesin. Ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada sistem listrik mobil.

Servis berkala AC mobil

Yang tidak kalah penting adalah melakukan servis berkala pada AC mobil. Tentunya hal ini bertujuan agar AC mobil lebih terawat. Sebagai solusi, Sahabat Momo bisa melakukan servis AC di Moservice.id. Mulai dari pengecekan AC, ganti filter kabin, isi freon, hingga servis blower dan evaporator bisa Sahabat Momo dapatkan di Moservice.id.

Adiraku
Promo gratis pengecekan AC di Moservice.id

Selain service AC, Sahabat Momo juga bisa melakukan servis dan perawatan mobil lainnya. Menariknya lagi, Moservice.id juga menyediakan banyak promo menarik yang bisa Sahabat Momo dapatkan. Ayo, segera kunjungi Moservice.id dan dapatkan promo menariknya.


Kembali ke atas