Tips Menghemat BBM saat Perjalanan Mudik Lebaran

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 April 2022

Tips Menghemat BBM saat Perjalanan Mudik Lebaran

momobil.id – Setelah sempat dilarang selama masa pandemi COVID-19, pemerintah memperbolehkan mudik, namun dengan beberapa syarat. Dengan diperbolehkannya mudik Lebaran 2022, tentu akan menjadi kesempatan bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi. Namun, mudik Lebaran tahun 2022 diprediksi akan lebih padat. Diperkirakan akan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang akan digunakan pemudik. Agar bahan bakar selalu hemat, tentu pemilik mobil perlu paham cara berkendara yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat BBM saat terjadi mudik Lebaran.

Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Berpergian

Salah satu hal yang paling penting sebelum melakukan mudik adalah mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Usahakan untuk melakukan servis mobil secara rutin. Periksalah tingkat kekentalan dan kadar minyak pelumas sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Selain itu, cek juga bagian filter oli, filter bahan bakar, dan filter udara agar memastikan mesin dapat berjalan dengan efisiensi bahan bakar yang baik. Kondisi mobil yang prima akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Pastikan Tekanan Angin Ban Cukup

Tekanan angin pada ban telah direkomendasikan oleh pabrikan agar mobil aman dan nyaman dikendarai. Apabila ban mobil kekurangan angin, maka gesekan yang ditimbulkan akan semakin besar. Kinerja mesin akan semakin berat apabila gesekan yang ditimbulkan semakin besar. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk menjaga tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi. Konsumsi BBM bisa lebih hemat hingga 5% jika tekanan angin pada ban cukup.

Berkendara Sesuai Batas Kecepatan yang Ditentukan

Salah satu tips yang paling mudah untuk menghemat BBM saat mudik adalah dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan tertentu. Caranya adalah dengan menginjak pedal gas secara perlahan. Selain itu, hindari juga rem mendadak. Ketika mobil direm mendadak, maka butuh tekanan gas yang cukup dalam untuk mengembalikan laju kendaraan. Konsumsi bahan bakar akan lebih boros apabila pedal gas ditekan dalam.

Baca Juga: Mengecek Kondisi Ban Mobil sebelum Dibawa Mudik Lebaran

Mengurangi Muatan Barang

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan hanya membawa barang yang dibutuhkan saja. Membawa barang yang banyak membuat beban mobil akan semakin berat. Hal ini dapat membuat kinerja mesin bekerja lebih keras sehingga bahan bakar lebih boros. Selain berpengaruh terhadap konsumsi BBM, membawa beban berlebih juga berbahaya bagi keselamatan.

Gunakan Gigi yang Tepat untuk Menghemat BBM

Ketepatan penggunaan gigi persneling saat mobil melaju akan memberikan efek pada konsumsi bahan bakar. Ketika melewati jalan menurun, gunakan gigi yang lebih tinggi dan hindari memindahkan transmisi ke netral. Ketika sedang berada di posisi macet, untuk pengguna mobil matic cukup memposisikan tuas di “D”. Sementara untuk mobil manual, gunakan gigi 1 dan 2 saat berkendara di situasi kemacetan.

Hindari Jalur Macet

Kemacetan dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Oleh karena itu sebelum melakukan perjalanan, pemudik perlu mencari jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan. Ketika dalam situasi macet dan mobil menggunakan teknologi idling stop, pemilik mobil disarankan untuk menggunakan teknologi tersebut. Teknologi idling stop dapat membantu mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas