Mobil Mulai Karatan Tapi Cuma Didiemin, Lama-lama Efeknya Bisa Jadi Begini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 August 2021

Mobil Mulai Karatan Tapi Cuma Didiemin, Lama-lama Efeknya Bisa Jadi Begini

momobil.id – Karat merupakan penyakit pada bagian eksterior mobil yang perlu segera diatasi. Adanya karat memiliki efek negatif dalam jangka panjang jika didiamkan, karena bisa membuat struktur sasis dan body mobil menjadi rapuh. Itu sebabnya pemilik mobil sebaiknya segera menghilangkan karat pada kendaraannya agar biaya yang dikeluarkan tak bertambah besar.

Seiring waktu, karat yang terlalu lama didiamkan pada mobil akan menyebar dari satu titik ke banyak bagian mobil akibat paparan udara dan tingkat kelembaban udara. Dari keadaan ini, logam pada mobil mulai mengalami oksidasi atau korosi.

Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya memang tidak malas untuk membersihkan mobil secara berkala. Namun kalau sudah terjadi dan penyebaran karat begitu parah, maka Anda membutuhkan beberapa tindakan tertentu.

Berikut beberapa tips sederhana cara menghilangkan karat mobil seperti dilansir Wuling Indonesia.

Amplas dan cat ulang

Tindakan ini dilakukan apabila karat sudah mulai mengkhawatirkan dan bisa menyebar ke bagian mobil yang lain. Langkahnya adalah dengan mengamplas bagian mobil yang sudah mulai berkarat, Anda bisa menggunakan amplas manual atau bisa juga menggunakan sander dan grinder kalau permukaannya cukup luas.

Setelah Anda memastikan bagian yang berkarat sudah bersih, tinggal gunakan cat primer sebagai lapisan pertama, cat di lapisan kedua dan clear coat untuk bagian finishing. Jangan lupa cuci dan poles mobil bagian yang di cat supaya hasilnya bagus.

Baca juga: Mobil Matic Bisa Loyo Tak Kuat Nanjak Gegara Tuas Transmisinya Terus-terusan di Posisi Ini

Dempul

Tindakan ini hampir mirip dengan poin sebelumnya, namun perbedaanya cara ini digunakan apabila karat sudah melubangi bagian mobil. Langkahnya adalah membersihkan bagian berkarat dengan menggunakan amplas atau grinder, lalu setelah itu tutup dengan dempul supaya lubang dapat tertutup dengan baik.

Selanjutnya, Anda bisa mengecat dengan cat primer sebagai lapisan pertama, cat di lapisan kedua dan clear coat untuk finishing. Namun sebelum melakukan pengecatan pastikan sudah meratakan dempul dengan menggunakan amplas.

Gunakan cuka

Apabila karat sudah mulai terlihat tanda tandanya, Anda bisa menghilangkan karat dengan cara mudah dengan menggunakan cuka. Kandungan asam asetat dan asam sitrat sangat efektif menyingkirkan karat.

Langkah yang harus Anda lakukan adalah bongkar bagian yang terkena karat dan rendam dengan air cuka selama 1-2 hari. Apabila karat masih terlihat, Anda bisa melanjutkan perendaman hingga karatnya hilang. Anda juga bisa menggunakan sikat untuk hasil yang lebih efektif.

Manfaatkan lemon dan jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis tidak hanya efektif untuk menghilangkan noda pada baju, namun kandungan dalam buah lemon juga sangat efektif untuk menghilangkan karat pada mobil. Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan menaburi bagian yang berkarat dengan garam lalu rendam dalam air lemon atau jeruk nipis. Anda juga bisa menggunakan sikat atau penggosok alumunium untuk hasil lebih efektif.

Pakai baking soda

Bahan aktif dalam baking soda ternyata sangat ampuh untuk menyingkirkan berbagai macam noda termasuk juga menyingkirkan karat dari mobil. Cara menghilangkan karat dengan menggunakan baking soda juga terbilang cukup mudah, Anda hanya cukup menyikat bagian karat pada mobil dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang lebih baik.

Rust remover

Selain menggunakan cuka, lemon dan baking soda, Anda juga bisa menggunakan rust remover yang merupakan cairan khusus untuk menghilangkan karat dengan cara yang mudah. Langkah yang harus Anda lakukan adalah merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam (tergantung usia karat) lalu sikat dengan menggunakan sikat besi. Harga rust remover yang berkualitas berkisar antara Rp 100.000-Rp 150.000 untuk 1 liternya.

Bawa ke bengkel resmi

Jika tidak yakin mengerjakan sendiri untuk menghilangkan karat di mobil, maka membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperbaiki bisa menjadi solusinya. Bengkel resmi memiliki tenaga ahli dan peralatan yang lebih lengkap, sehingga bisa menjadi pilihan bagi pemilik mobil yang ingin menghilangkan karat pada mobilnya.

Sumber gambar: Shutterstock

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas