Tips Menghilangkan Noda Aspal pada Bodi Mobil dengan Mudah

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 June 2020

Tips Menghilangkan Noda Aspal pada Bodi Mobil dengan Mudah

momobil.id – Masalah yang sering muncul bagi pemilik mobil adalah noda pada bodi mobil. Salah satu noda yang sulit dibersihkan adalah noda aspal. Noda aspal biasanya timbul ketika pengemudi melewati jalanan yang baru diaspal, atau bisa saja jalanan dengan aspal lama memunculkan noda ini. Bentuk dari noda aspal biasanya berupa bintik yang muncul pada sisi bagian bawah bodi, dan biasanya tersamarkan oleh kotoran yang menempel pada bodi. Noda aspal bisa dihilangkan dengan menggunakan jasa poles bodi, namun hal ini memerlukan biaya tambahan. Pemilik mobil bisa menghilangkan noda aspal sendiri dengan menggunakan cairan khusus. Berikut adalah cara mudah menghilangkan noda aspal pada bodi mobil.

Semprotkan Cairan WD-40

Sebelum menyemprotkan cairan WD-40, bersihkan bodi mobil yang terkena noda aspal terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pemilik mobil bisa melihat jelas noda aspal yang tersamarkan oleh kotoran. Setelah itu, semprotkan cairan WD-40 pada bagian yang terkena noda aspal. Diamkan selama beberapa menit sampai cairan menyatu dengan noda aspal. Kemudian, usap noda aspal secara perlahan agar telepas dari bodi mobil. Selama melakukan pembersihan noda aspal, disarankan untuk tidak menekan permukaan bodi agar bodi mobil tidak lecet atau baret. Apabila noda aspal tidak kunjung lepas, semprotkan kembali cairan WD-40 dan lakukan kembali tahapan yang sama.

Memakai Minyak Kayu Putih

Apabila pemilik mobil tidak mempunyai cairan WD-40, minyak kayu putih bisa menjadi pilihan alternatif untuk membersihkan noda aspal. Cara penggunaan minyak kayu putih untuk membersihkan noda aspal sama seperti cairan WD-40. Semprotkan minyak kayu putih pada noda aspal, lalu usap hingga bersih. Namun, kemampuan minyak kayu putih untuk membersihkan noda aspal tidak sebaik cairan WD-40. Disarankan untuk mengulang tahapan yang sama agar bodi mobil bersih dari noda aspal.

Baca Juga : Tips Merawat Mesin Diesel Turbo Supaya Lebih Awet

Menggunakan Tar Removal

Apabila cairan WD-40 dan minyak kayu putih tidak berhasil membersihkan noda membandel, pemilik mobil bisa menggunakan Tar Removal untuk menghilangkan noda aspal. Cairan ini bisa didapatkan di marketplace online. Untuk cara penggunaannya, pemilik mobil bisa melihat pada kemasan atau botol agar noda membandel bisa hilang. Tar removal ini dibuat dengan kemampuan yang lebih spesifik, sehingga bisa menghilangkan noda lebih mudah.

Sumber gambar: liputan6.com



Kembali ke atas