Tips Menghindari Emosi Saat Mengemudi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 June 2020

Tips Menghindari Emosi Saat Mengemudi

momobil.id – Lalu lintas yang semrawut dan tidak beraturan seringkali memancing emosi pengemudi. Bagi pengemudi yang tidak bisa mengendalikan emosi, jalan raya bisa dibilang sebagai salah satu pemicu emosi. Ketidaksabaran pengemudi terkadang berujung kepada kejadian yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pengemudi wajib untuk menghindari emosi dalam mengemudi. Berikut ini adalah beberapa tips bagi pengemudi unuk menghindari emosi dalam mengemudi.

Berkendara dengan Fokus

Salah satu cara untuk mencegah emosi saat mengemudi adalah dengan fokus terhadap diri sendiri. Pengemudi harus memperhatikan apakah cara mengemudi sudah benar atau belum. Usahakan tidak melakukan hal yang dapat mengganggu dan dilarang saat mengemudi. Misalnya seperti menelepon atau mengirim pesan teks.

Manjakan Diri di Dalam Mobil

Untuk mengatasi emosi saat menyetir, ubahlah suasana mobil menjadi lebih menyenangkan. Caranya yaitu dengan menjaga kebersihan mobil, pastikan AC dingin an bekerja dengan baik, taruh pengharum ruangan agar suasana di dalam mobil menjadi rileks. Selain itu, pengemudi dapat membawa makanan dan minuman di dalam mobil.

Dengarkan Musik

Salah satu hal yang dapat mengatasi emosi pada saat mengemudi adalah dengan mendengarkan musik. Pemilihan musik disarankan musik yang rileks dengan tempo pelan dan suara yang tidak terlalu keras. Pengemudi juga dapat memasang musik dari playlist favorit agar dapat mengatasi emosi saat mengemudi.

Baca Juga : Begini Cara Blokir STNK Online Agar Tidak Terkena Pajak Progresif

Jangan Terprovokasi Pengguna Jalan Lain

Apabila ada pengemudi lain yang memancing amarah, coba untuk tidak terprovokasi dengan pengemudi lain. Usahakan untuk menahan emosi dan ubah pola pikir. Pikirlah bahwa jalan raya merupakan milik bersama. Oleh karena itu, sebaiknya berikan jalan bagi pengemudi lain untuk mendahului. Selain itu untuk menenangkan diri, pengemudi bisa menarik nafas dalam dan buang secara perlahan. Lakukan ini sebanyak 3 kali sampai merasa tenang dan sanggup menahan diri. Ketika pengemudi terbawa emosi, maka akan melakukan tindakan berbahaya dan berpotensi terjadi kecelakaan.

Mengajak Teman Ketika Menyetir

Menyetir dalam keadaan macet tentunya dapat membuat pengemudi emosi. Untuk mengatasi hal ini, pengemudi bisa mengajak teman ketika sedang mengemudi. Mengobrol dengan teman dapat mengubah emosi pengemudi. Carilah topik yang ringan atau saling melempar candaan selama berkendara. Meski demikian, pengemudi juga harus membaginya dengan fokus berkendara.



Kembali ke atas