Enam Tips Bagi Pemula yang Ingin Koleksi Mobil Klasik

Ditulis oleh : redaksi | 20 February 2020

Enam Tips Bagi Pemula yang Ingin Koleksi Mobil Klasik

momobil.id – Mobil klasik memang memiliki nilai tersendiri karena sejarahnya. Dengan statusnya sebagai mobil tua, dan pastinya sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrik yang membuatnya, mobil ini bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang karena harganya yang terus meningkat seiiring berjalannya waktu. Tak heran jika beberapa orang memiliki keinginan untuk koleksi mobil klasik, entah karena alasan kecintaan terhadap suatu brand atau memang menyukai hal-hal yang berbau vintage.

Nah, bagi kamu yang berniat untuk mulai koleksi mobil klasik, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Menurut Hartawan Setjodiningrat selaku pemilik Hauwke’s Auto Gallery, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Tips Berburu Mobil Bekas di Balai Lelang Bagi Perorangan

Pandai mengatur keuangan

Bagi kamu yang baru mau mulai mengoleksi mobil klasik, harus pandai mengatur keuangan. Alasannya jika sudah mencintai mobil klasik, biasanya akan kecanduan membeli mobil yang diincar. Jangan sampai uang yang dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau simpanan untuk kebutuhan mendesak dipergunakan untuk membeli mobil. Ada baiknya jika membeli mobil klasik dalam kondisi keuangan yang berlebih.

Harus berdasarkan passion

Jika tertarik memulai koleksi mobil klasik, kamu harus memiliki passion terlebih dahulu. Karena jika tidak memiliki passion yang besar, kamu akan cepat bosan dan hal yang sudah dilakukan akan percuma.

Mobil klasik

Pelajari dasar-dasar mobil

Selain yang sudah dipaparkan sebelumnya, kamu juga perlu mempelajari dasar-dasar mobil agar setidaknya mengerti kondisi mobil dan tidak gampang kena tipu ketika membeli mobil atau melakukan service mobil klasik tersebut.

Gabung klub mobil klasik

Di setiap daerah pasti terdapat klub atau komunitas pecinta mobil klasik. Jika bergabung dengan komunitas tersebut, kamu akan memiliki wawasan tambahan terkait mobil klasik dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu memulainya.

Rajin service berkala mobil klasik

Jangan lupa melakukan service secara berkala. Service rutin akan membuat mobil klasik kamu memiliki performa yang tidak kalah dengan mobil baru masa kini.

Jangan gegabah

Apabila kamu mengincar jenis mobil tertentu dari seri klasik, jangan gegabah untuk membelinya. Tanyalah orang-orang yang mengerti seputar mobil itu apakah harganya sudah sesuai, kondisinya masih bagus atau tidak, dan bagaimana kelengkapan surat-suratnya.(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas