Tips Merawat Dashboard Mobil agar Tidak Kusam

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 April 2022

Tips Merawat Dashboard Mobil agar Tidak Kusam

momobil.id – Agar kabin mobil tetap bersih dan terawat, pemilik mobil tentu perlu membersihkan kabin secara berkala. Salah satu bagian penting yang harus dalam keadaan bersih adalah dashboard mobil. Dashboard mobil biasanya rentan kotor. Kotoran dan debu yang menempel pada dashboard tentu membuat tampilan mobil kurang menarik. Agar dashboard tampak bersih dan tidak kusam, berikut adalah tips merawat dashboard mobil yang benar.

Hindari Membuka Kaca Terus Menerus

Ketika kaca mobil terbuka, otomatis debu akan masuk ke dalam kabin mobil. Dashboard mobil akan lebih mudah kotor apabila banyak debu yang masuk ke dalam kabin. Oleh karena itu salah satu tips merawat dashboard pada mobil adalah dengan menutup kaca ketika sedang berkendara atau sedang memarkir mobil.

Bersihkan Dashboard dengan Kemoceng

Apabila membersihkan dashboard setiap hari dirasa keberatan, pemilik mobil dapat menggunakan kemoceng. Gunakan kemoceng dengan bulu yang halus untuk membersihkan debu yang menempel pada dashboard. Pemilik mobil perlu menghindari penggunaan kemoceng dengan bulu yang kasar karena dapat menggores permukaan dashboard. Saat membersihkan dashboard menggunakan kemoceng, pemilik mobil disarankan untuk membuka pintu mobil agar debu dapat keluar dari kabin.

Baca Juga: Ini Bagian Interior Mobil yang Langganan Jadi Sarang Kuman dan Virus, Nomor 2 Sering Lupa Dibersihkan

Gunakan Vacuum Cleaner

Interior mobil khususnya dashboard memiliki sela-sela yang sulit dibersihkan dengan menggunakan kemoceng. Biasanya bagian pada dashboard yang sulit dibersihkan antara lain adalah mp3 player, atau ventilasi AC. Untuk mempermudah membersihkan sela-sela dashboard, pemilik mobil bisa menggunakan vacuum cleaner dan sikat halus. Vacuum cleaner efektif untuk menganggkat debu atau kotoran yang sulit dijangkau.

Angkat Kotoran Membandel pada Dashboard dengan Kanebo Lembab

Untuk membersihkan kotoran yang membandel pada permukaan dashboard pemilik mobil bisa menggunakan kanebo lembab. Cara penggunaannya pun mudah, celupkan kanebo ke dalam air dan peras hingga kondisinya lembab. Setelah itu, lap permukaan dashboard menggunakan kanebo lembab. Sebelum menggunakan kanebo ke bagian lain, usahakan untuk mencuci kanebo hingga bersih.

Menggunakan Leather Care pada Dashboard

Apabila keadaan dashboard sudah bersih, pemilik mobil disarankan untuk menggunakan leather care. Gunakan leather care pada dashboard agar tampil lebih mengkilap dan bersih.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas