Tips Merawat Eksterior Mobil Agar Tetap Kinclong

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 1 July 2020

Tips Merawat Eksterior Mobil Agar Tetap Kinclong

momobil.id – Perawatan mobil merupakan hal yang penting agar mobil tetap awet, kinclong, dan bagus. Salah satu hal yang paling penting dilakukan agar mobil terlihat awet adalah perawatan eksterior. Merawat eksterior mobil merupakan hal yang mudah dan tidak perlu biaya yang terlalu mahal. Berikut ini adalah beberapa tips merawat eksterior mobil yang mudah dan praktis.

Cuci Mobil di Waktu yang Tepat

Pemilik mobil disarankan untuk mencuci mobil pada pagi hari dan disarankan mesin dalam kondisi dingin. Terik matahari dapat berpengaruh buruk terhadap bodi mobil. Mencuci mobil dibawah paparan sinar matahari akan membuat cat mobil lebih cepat pudar. Pada saat mencuci mobil, pemilik mobil bisa menyemprotkan bagian yang kotor dengan air tawar.

Hindari Penggunaan Deterjen Saat Mencuci Mobil

Seringkali pemilik mobil menggunakan sabun cuci sembarangan untuk mencuci mobilnya. Tentunya, setiap jenis sabun memiliki fungsi yang berbeda, tak terkecuali sabun cuci mobil. Hindari penggunaan sabun yang mengandung deterjen, karena akan berpengaruh terhadap cat bodi mobil. Sebaiknya, pemilik mobil memilih shampoo khusus mobil yang tersedia di pasaran. Namun, apabila kesulitan mencari sabun khusus mobil, pakailah sabun yang tidak mengandung deterjen.

Keringkan Mobil Dengan Tepat

Apabila seluruh bagian mobil sudah dicuci dengan bersih, segera keringkan mobil. Hindari mengeringkan mobil menggunakan sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya bercak-bercak pada bodi mobil. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengeringkan mobil adalah penggunaan lap dan teknik mengelap bodi. Gunakan lap mobil yang terbuat dari kulit agar air mudah terserap oleh lap. Hindari penggunaan bahan katun, karena bahan katun dapat menyimpan partikel kecil yang nantinya akan menimbulkan baret. Untuk cara mengelapnya, usahakan mengelap searah dari atas ke bawah.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet Muda

Menggunakan Wax Agar Cat Mengkilap

Salah satu cara membuat eksterior mobil tetap mengkilat adalah menggunakan teknik waxing. Teknik waxing adalah teknik melapisi cat mobil dengan bahan lilin. Untuk melakukan teknik ini, dibutuhkan wax, obat poles, busa, dan kain microfiber. Cukup ratakan wax pada bodi mobil dan pastikan bahwa bodi mobil sudah terlapisi. Bersihkan sisa wax menggunakan kain microfiber.

Menjaga Mobil dari Cuaca Ekstrim

Hal yang dilakukan saat pertama kali memiliki baru adalah menghindari parkir mobil dibawah paparan sinar matahari secara langsung. Pemilik mobil disarankan untuk memarkir mobil di gedung parkir atau di tempat yang beratap. Apabila tidak menemukan tempat parkir yangberatap, tutuplah mobil dengan cover mobil.

Apabila dalam kondisi hujan, segera bilas mobil dengan air bersih ketika sudah digunakan. Usahakan mobil tetap kering dan tidak ada bercak air pada bodi. Tetesan air atau bercak pada bodi mobil yang dibiaarkn terlalu lama dapat membuat bodi mobil berjamur.


Kembali ke atas