Tips Merawat Kaca Mobil agar Visibilitas Tetap Maksimal

Ditulis oleh : redaksi | 18 March 2020

Tips Merawat Kaca Mobil agar Visibilitas Tetap Maksimal

momobil.id – Salah satu bagian paling penting pada mobil yang wajib dirawat saat musim hujan adalah kaca. Pasalnya, di musim hujan kaca mudah sekali kotor bahkan berjamur sehingga membuat pandangan menjadi kurang jelas. Karena itu, penting bagi pemilik kendaraan merawat kaca mobil agar visibilitas ketika berkendara tidak terganggu.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips merawat kaca mobil yang bisa langsung diterapkan.

Keringkan kaca setelah hujan

Tips yang paling sederhana merawat kaca mobil adalah segera mengeringkan kaca mobil setelah terguyur hujan. Jangan biarkan kaca yang basah mengering sendiri karena dapat menimbulkan bercak-bercak air yang terkadang sulit dihilangkan.

Apalagi jika setelah hujan memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selain menimbulkan bercak, paparan sinar matahari juga berpotensi membuat kaca terlihat buram.

Hindari sembarang shampoo dan cairan antijamur

Shampoo mobil ada banyak jenisnya, mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal. Sebaiknya pilih shampoo dari brand yang terpercaya dan memiliki kandungan yang aman dan tidak merusak lapisan kaca.

Bila kaca mobil sudah terlanjur berjamur, jangan sembarangan menggunakan cairan antijamur. Alih-alih menghilangkan jamur, kaca mobil bisa jadi justru semakin buram. Cari tahu dulu mana produk yang bagus dan jangan langsung tergiur dengan harga murah.

Periksa karet wiper

Pada musim hujan pastinya wiper akan lebih sering digunakan. Karena itu, pastikan memerikan kondisi karet wiper mobil. Pasalnya, karet wiper yang sudah tidak bagus bisa merusak kaca mobil.

Baca juga: Saingi Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto Punya 54 Jenis Perintah Suara

Bagaimana? Cukup mudah kan merawat kaca mobil secara mandiri? Bukan hanya soal menjaga tampilan tetap kinclong, kaca mobil yang terawat akan menambah kenyamanan dan keamanan selama mengemudi.(Dwi Yanto)

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas