Tips Merawat Mesin Diesel Turbo Supaya Lebih Awet

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 10 June 2020

Tips Merawat Mesin Diesel Turbo Supaya Lebih Awet

momobil.id – Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat banyak produsen mobil berlomba untuk berinovasi. Salah satu teknologi yang selalu dikembangkan adalah mesin turbo pada mobil. Turbo pada mobil dapat menambah pasokan udara pada mesin mobil, sehingga dapat meningkatkan tenaga mobil. Seiring perkembangan teknologi, turbo tidak hanya terdapat pada mobil bensin saja. Teknologi turbo juga dibenamkan pada mobil bermesin diesel. Banyak pecinta mobil memilih mobil bermesin turbo karena diklaim bisa membuat performa berkendara lebih agresif, namun lebih irit bahan bakar. Namun, perawatan mesin turbo tidak jauh berbeda dengan mesin biasa. Perawatan mesin turbo membutuhkan penanganan lebih spesifik agar kinerja mesin dapat lebih optimal. Berikut ini adalah tips untuk merawat mesin diesel turbo agar mesin lebih awet.

Perhatikan Cara Berkendara

Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja mesin adalah dengan cara penggunaan kendaraan. Setiap kendaraan, khususnya turbo memiliki panduan masing-masing. Idealnya, pengemudi disarankan untuk menghindari pemakaian mesin turbo pada saat suhu mesin dibawah normal. Pengemudi harus menunggu beberapa menit sebelum menginjak pedal agar semua komponen mesin terlumasi dengan baik.

Cek Oli Mesin

Hal yang harus diperhatikan ketika merawat mobil bermesin diesel turbo adalah oli mesin. Pemilik mobil dianjurkan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin turbo. Penggunaan oli yang tidak cocok dengan mesin akan berakibat buruk terhadap keawetan mesin. Pastikan oli mesin terisi dengan pas agar mesin dapat bekerja secara optimal. Pemilik mobil juga disarankan untuk melakykan pergantian secara berkala agar kinerja mesin lebih optimal.

Baca Juga : Kenali Cara Berpindah Lajur yang Baik dan Benar Menurut Pakar Safety

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Pemilihan bahan bakar merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi keawetan mesin. Penggunaan bahan bakar dengan kualitas yang bagus membuat proses pembakaran di ruang mesin akan lebih sempurna. Sedangkan penggunaan bahan bakar berkualitas buruk dapat merusak mesin. Oleh karena itu, pemilik mobil dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan nomor oktan, misalnya untuk mesin diesel turbo menggunakan biodiesel.

Cek Filter Udara

Filter udara merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk baik dari dalam mesin maupun luar mesin. Seiring dengan waktu penggunaan, filter mesin akan menjadi kotor dan banyak kotoran menumpuk. Kotoran yang terdapat pada filter ini harus dibersihkan agar tidak menyumbat sirkulasi udara mesin. Apabila kotoran dibiarkan menumpuk, kinerja mesin akan terhambat dan berakibat pada kerusakan.


Kembali ke atas