Tips Merawat Mobil Diesel Turbo Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 October 2021

Tips Merawat Mobil Diesel Turbo Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

momobil.id – Mobil diesel terkenal akan keiritan bahan bakarnya dan ketangguhan mesinnya sehingga kerap menjadi idola sebagian orang. Pada mobil diesel masa kini, ada juga model yang sudah mendapat teknologi turbocharger. Lalu, bagaimana cara merawat mobil diesel turbo?

Perangkat turbo yang ada pada mobil mungkin membuat seseorang berpikir dua kali karena biaya komponennya tidak murah jika rusak. Itu sebabnya perawatan sangat perlu dilakukan pada mobil bermesin turbo, termasuk pada mobil diesel turbo.

Mengutip laman resmi Hyundai Mobil Indonesia, setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan dalam rangka merawat mobil diesel turbo. Berikut penjelasan selengkapnya.

Jangan langsung matikan mesin

Setelah mobil digunakan untuk bekerja berat, sebaiknya mesin jangan langsung dimatikan. Sebelum dimatikan, sebaiknya masuki fase cooldown dalam rangka mendinginkan turbo secara perlahan. Caranya, biarkan mesin beroperasi pada RPM rendah, misal idle selama 1 sampai 2 menit untuk menurunkan suhunya. Karena jika dimatikan dengan mendadak, perubahan suhu yang terlalu cepat bisa memperlemah turbo.

Ganti oli secara berkala

Turbo menggunakan oli dari mesin, hal ini untuk lubrikasi turbin serta kompresor. Bila oli sudah kotor, maka turbo juga akan terpengaruh. Sehingga, oli sebaiknya jangan telat diganti untuk memperpanjang usia turbo.

Baca juga: Ini Sebabnya Mengapa Menyalakan Mobil Matic Mesti Injak Rem Dulu

Bahan bakar yang tepat

Mobil turbo membutuhkan bahan bakar yang tepat. Hal ini karena diperlukan pembakaran yang lebih sempurna pada kompresi tinggi. Pada mesin turbo Hyundai yang menggunakan bahan bakar diesel, usahakan menggunakan bahan bakar diesel terbaik yang tersedia. Lalu, rajin juga ganti filter bahan bakar agar lebih bersih.

Filter udara

Komponen ini juga sebaiknya diganti secara berkala. Filter udara yang kotor akan mempersulit kinerja turbo. Bila filter sudah kotor atau bahkan tidak ada, bisa dipastikan kotoran akan lolos masuk ke dalam turbo. Pada kondisi ekstrem, misal ada kerikil masuk ke saluran udara, maka baling-baling turbo bisa mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian.

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas