Tips Merawat Mobil Mesin Diesel agar Tetap Awet

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 July 2022

Tips Merawat Mobil Mesin Diesel agar Tetap Awet

momobil.id – Mobil bermesin diesel kerap digemari oleh para pecinta otomotif. Selain bandel, mesin diesel juga diklaim lebih irit ketimbang mobil bensin. Meskipun demikian, pemilik mobil harus tetap melakukan perawatan pada mobil bermesin diesel agar performanya tetap stabil. Berikut ini merupakan tips merawat mesin diesel agar tetap awet.

Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Agar performa mesin diesel tetap awet, penggunaan bahan bakar juga perlu diperhatikan. Gunakan bahan bakar dengan kadar sulfur yang rendah dan cetane yang tinggi. Bahan bakar ini mampu membuat kinerja mesin lebih optimal. Kadar sulfur yang tinggi dapat membuat sistem distribusi terganggu dan performa mesin turun. Kandungan sulfur yang tinggi juga membuat komponen pada mesin terganggu, misalnya seperti injector.

Rutin Mengganti Filter Bahan Bakar

Salah satu cara merawat mesin diesel adalah dengan melakukan penggantian filter bahan bakar secara berkala. Filter sendiri berfungsi untuk menyaring kotoran atau air pada bahan bakar. Apabila jarang diganti, kemampuan filter untuk menyaring kotoran dan air akan berkurang. Hal ini dapat membuat proses pembakaran dalam ruang mesin tidak sempurna akibat adanya kotoran dan air yang masuk.

Baca Juga: Apa Dampaknya Jika Mobil Diesel Menggunakan Oli Mesin Mobil Bensin?

Menggunakan Oli Berkualitas

Pastikan bahwa oli yang digunakan pada mesin diesel memiliki kualitas yang bagus. Ada baiknya menggunakan oli yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan agar mesin dapat bekerja secara optimal. Penggunaan oli yang tidak sesuai standar pabrikan dapat membuat kinerja dan performa mesin menurun.

Rutin Mengganti Filter Udara

Selain filter bahan bakar, filter udara juga perlu dilakukan penggantian secara rutin. Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang dimasukkan ke dalam ruang bakar. Udara yang bersih tentu membuat performa mesin menjadi lebih optimal. Debu dan kotoran yang masuk ke dalam ruang mesin dapat membuat pembakaran menjadi tidak sempurna.

Lakukan Servis Berkala

Agar mengetahui adanya kerusakan pada komponen mesin diesel, pemilik mobil perlu melakukan servis dan perawatan secara berkala. Hal ini dapat mencegah kerusakan komponen semakin parah apabila ada komponen mesin yang bermasalah. Lakukan servis di bengkel resmi agar tidak salah dalam merawat mesin diesel.

mobil terkait

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 138.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 360.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 85.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 280.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 135.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas