Tips Merawat Mobil Sedan Agar Tetap Menawan

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 31 October 2018

Tips Merawat Mobil Sedan Agar Tetap Menawan

Tips Mobil | Mobil Sedan Pilihan

Kenyamanan dan kemampuan akselerasinya di jalan raya terbilang mumpuni, maka mobil sedan menjadi pilihan favorit bagi Anda yang menginginkan kendaraan terbaik untuk mendukung mobilitas. Agar performanya selalu prima, perlu perawatan khusus untuk tipe mobil sedan ini. Berikut tips merawat mobil sedan agar tetap menawan.

Kontrol air aki

Salah satu komponen yang memerlukan perawatan untuk mobil sedan adalah bagian aki. Untuk merawatnya sebenarnya mudah. Jika aki basah sempatkan mengontrol air aki dalam jangka waktu tertentu. Segera isi kembali kalau ditemui air aki sudah tampak menurun. Jika aki kering, tidak dibutuhkan perawatan seperti halnya aki basah karena free maintenance. Namun keduanya harus memperhatikan kebersihan dan korosi pada katup aki. Jika ditemui masalah tersebut, segera bersihkan.

Bersihkan mesin

Kebersihan pada bagian sisi dalam area mesin mobil mesti terjaga dengan baik, jangan sampai banyak kotoran yang melekat. Cara membersihkannya bisa menggunakan kain halus dengan sedikit air. Untuk area yang sulit dijangkau, manfaatkan kemoceng. Jika pada bagian timing belt terlihat ada pecah-pecahan tanah yang tampak kering, segera bawa mobil sedan ke bengkel kepercayaan Anda untuk dicek lebih jauh lagi.

 Pengecekan ban

Tips merawat mobil sedan lainnya adalah pada bagian ban. Cek secara teratur ukuran tekanan angin pada ban. Biasanya tekanan angin pada mobil sedan berkisar antara 28-30 Psi. Sebagai elemen yang bersentuhan langsung dengan jalan, kualitas ban tentu harus diperhatikan betul, karena menyangkut kenyamanan dan keamanan.

 Tune-up secara rutin

Dengan melakukan servis secara rutin, akan membuat mesin Anda tetap terjaga. Komponen-komponen vital yang berhubungan dengan mesin seperti busi, filter bahan bakar, dan oli akan terkontrol. Jika mobil Anda menggunakan electronic control unit (ECU), jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual. Karena sistem elektronik ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang khusus.

Dengan melakukan keempat tips merawat mobil di atas, mobil sedan kesayangan Anda dapat tetap menawan dan terjaga dari segi performanya, serta meminimalisir kerusakan pada komponen-komponen mobil.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock



Kembali ke atas