Jangan Biarkan Wiper Mobil Beroperasi ketika Kaca dalam Kondisi Kering, Ini Alasannya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 22 July 2020

Jangan Biarkan Wiper Mobil Beroperasi ketika Kaca dalam Kondisi Kering, Ini Alasannya

momobil.id – Pengemudi mobil sebaiknya perlu mengetahui cara merawat wiper mobil. Karena terkadang pengemudi melakukan kesalahan dengan menyalakan wiper mobil tanpa disengaja, misalnya saat kaca mobil dalam kondisi kering. Misalnya seperti tersenggol, atau baru pertama kali mempelajari cara mengaktifkan wiper di mobil.

Ketidaksengajaan tersebut terkadang terjadi saat kondisi cuaca sedang cerah, atau kondisi kaca mobil sedang kering. Jika wiper beroperasi saat kondisi kaca sedang kering, maka hal ini berpotensi menimbulkan kerusakan baik pada kaca maupun wiper mobil itu sendiri.

Merawat wiper mobil sebenarnya tak terlalu sulit. Menurut Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, karet wiper bahkan sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus layaknya pada komponen kendaraan lainnya. Hanya saja, ketika akan mengoperasikannya juga harus dipastikan dahulu kondisi karet wipernya dalam keadaan basah.

Karena seperti disebutkan di atas, jika kondisi kaca dan karet wiper kering justru bisa menyebabkan kerusakan baik pada karet wiper maupun pada kaca itu sendiri. Hal ini disebabkan saat kendaraan digunakan untuk melakukan perjalanan, otomatis bagian kaca maupun karet wiper terdapat kotoran. Jika wiper langsung dioperasikan tanpa diberikan air untuk membasahi, tentunya akan menyebabkan debu atau bahkan kerikil kecil yang menempel akan ikut tergesek pada bagian kaca.

“Jangan difungsikan tanpa menggunakan air, karena kotoran pada kaca dapat merusak karetnya,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini. Didi menambahkan, kebiasaan mengoperasikan wiper dalam kondisi kering bisa menyebabkan karet cepat rusak. Jika hal ini berlangsung lama bisa menyebabkan frame atau blade wiper menimbulkan goresan pada bagian kaca.

Baca juga: Cara Membaca Indikator Bahan Bakar agar Mobil Tidak Mogok

Parahnya, jika goresan yang mengenai kaca terlalu dalam maka tidak bisa dibersihkan atau dihilangkan tetapi harus dengan melakukan penggantian kaca. “Kalau karetnya sudah rusak bisa saja frame atau bladenya juga akan menggores kacanya, sehingga menyebabkan baret,” ujarnya.


Kembali ke atas