Tips Mudik 2022: Hindari Menggelar Kasur di Kabin

Ditulis oleh : admin | 22 April 2022

Tips Mudik 2022: Hindari Menggelar Kasur di Kabin

momobil.id – Mudik bersama keluarga menggunakan mobil pribadi tentu menyenangkan. Saat mudik, pengemudi dan penumpang seringkali mengalami kelelahan. Apalagi ketika sedang berada di perjalanan jauh, rasa kantuk dan lelah kerap kali datang. Biasanya, pemilik mobil memodifikasi kendaraan dengan menggelar kasur di kabin agar perjalanan mudik semakin nyaman. Bagi pemudik yang membawa anak, menggelar kasur di kabin juga membuat anak tidak rewel dan merasa nyaman. Meskipun demikian, menggelar kasur di kabin merupakan suatu tindakan yang berbahaya jika dilihat dari sisi keselamatan mengemudi.

Menurut Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menggelar kasur di mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Pengemudi dan penumpang diperbolehkan menggelar kasur di kabin saat kendaraan berhenti. Ketika mobil bergerak, pengemudi wajib duduk menggunakan safety belt.

“Saat kendaraan bergerak semua penumpang tanpa terkecuali wajib menggunakan safety belt,” ucap Sony dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Tips Menghemat BBM saat Perjalanan Mudik Lebaran

Hal ini tidak hanya berlaku untuk penumpang dewasa, namun termasuk anak-anak. Anak-anak wajib duduk dengan baik di jok kendaraan. Meskipun di baris kedua, anak harus duduk dengan tenang sambil menggunakan sabuk penumpang. Apabila anak masih terlalu kecil, pengemudi menggunakan car seat yang sudah dianjurkan oleh produsen kendaraan. Menggelar kasur di kabin dalam perjalanan, khususnya saat mudik dapat membuat efek yang fatal. Terlebih ketika kendaraan terlibat kecelakaan.

“Bisa jadi justru perubahan kabin ini menimbulkan kecelakaan yang lebih parah, bisa malah fatal,” tambah Sony.

Oleh karena itu, ketika pengemudi merasa lelah, pengemudi bisa mengatur perjalanan Komunikasikan degan anggota keluarga untuk menyesuaikan kenyamanan selama perjalanan. Apabila pengemudi dan penumpang merasa lelah, berhentikan mobil dan istirahat.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas