Tips Mundur di Turunan yang Aman dengan Mobil Manual

Ditulis oleh : admin | 14 December 2022

Tips Mundur di Turunan yang Aman dengan Mobil Manual

momobil.id – Tidak hanya bergerak maju, pengemudi kerap kali harus mundur ketika berada di jalan turunan. Hal ini tentu semakin dipersulit ketika memakai mobil manual. Namun pengemudi tidak perlu khawatir. Berikut ini merupakan tips mundur di turunan dengan mobil bertransmisi manual yang aman.

Mundur dengan Mobil Manual

Bagi para pengemudi yang belum paham memundurkan mobil dengan transmisi manual, berikut merupakan tahap yang bisa dilakukan.

1. Menginjak Pedal Kopling

Kopling merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam mobil manual. Saat hendak memundurkan mobil dengan transmisi manual, injak kopling terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar pengemudi bisa memasukan gigi.

2. Posisikan Tuas pada Gigi R

Ketika tuas transmisi masih pada posisi netral, pindahkan tuas ke posisi R atau mundur. Posisi R pada tuas transmisi berbeda-beda, tergantung kendaraan. Sebagian besar mobil manual memiliki posisi gigi R pada kanan bawah, namun ada juga yang posisi gigi R pada bagian kiri atas.

3. Angkat Kopling Secara Perlahan

Setelah posisi tuas transmisi pada gigi R, angkat kopling secara perlahan. Pengemudi juga di minta mengamati situasi di belakang kendaraan lewat kaca spion, atau fitur kamera parkir jika ada.

4. Menginjak Pedal Gas

Ketika situasi sekitar mobil sudah aman, maka injak pedal gas secara perlahan untuk memundurkan mobil. Sambil menginjak pedal gas, perhatikan kembali sudut parkir saat berbelok agar tidak menabrak kendaraan atau pembatas di sekitar mobil.

Baca Juga: Tips Mengemudikan Mobil Ketika Melewati Turunan Tajam

Tips Mundur dengan Mobil Manual di Turunan

Ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan ketika mundur di jalan dengan kondisi tanjakan atau turunan. Berikut ini tipsnya.

1. Amati Situasi Tanjakan atau Turunan

Sebelum memundurkan kendaraan, amati terlebih dahulu situasi dari tanjakan atau turunan. Perhatikan apakah turunan dalam kondisi yang ramai atau sepi. Selain itu, perhatikan juga penghalang yang terdapat di sekitar mobil. Tingkatkan kewaspadaan ketika hendak memundurkan mobil di turunan.

2. Memposisikan Ban Mobil Sebelum Mundur

Posisikan ban sebelum memundurkan mobil. Pengemudi harus mengetahui apakah ban dalam keadaan lurus, belok kiri, atau belok ke kanan. Perhatikan pula posisi dari mobil, apakah mobil dalam keadaan lurus atau miring. Posisi mobil menentukan arah mobil saat mundur.

3. Gunakan Rem

Setelah mempersiapkan posisi mobil, posisikan kaki dan tangan dengan tepat saat hendak mundur. Sebagai langkah pertama, lepaskan rem tangan kemudian pindahkan gigi ke posisi R. Buka kopling secara perlahan hingga sedikit bergetar, kemudian lepas rem kaki dan injak pedal gas secara perlahan. Ketika berhenti, injak pedal kopling secara penuh dan pedal rem secara perlahan.

4. Menjaga RPM Mobil saat Mundur

Agar lebih aman saat mundur, pengendara harus menjaga revolutions per minute atau RPM pada mesin mobil. Pastikan kecepatan kendaraan saat mundur di jalanan turunan berada di sekitar 2.000 RPM.

5. Jangan Panik

Ketika hendak memundurkan mobil, pengemudi harus melakukannya dnegan tenang dan tidak panik. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, hal pertama yang dilakukan adalah menenangkan diri. Hal ini dapat membuat pengemudi bisa mengatur langkah yang selanjutnya akan dilakukan agar tidak membahayakan kendaraan sekitar.

mobil terkait

Rp 153.000.000

Individu

JEMBER

Rp 98.000.000

Individu

JEMBER

Rp 117.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas