Tips Parkir Mobil Matik yang Aman Saat di Tanjakan

Ditulis oleh : admin | 26 December 2021

Tips Parkir Mobil Matik yang Aman Saat di Tanjakan

momobil.id – Parkir mobil menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengemudi yang baru bisa atau belum memiliki pengalaman mengemudi. Pasalnya, memarkir mobil perlu teknik dan perhitungan tersendiri agar mencegah terjadinya kecelakaan. Salah satu kondisi yang sulit adalah memarkir mobil di tanjakan. Tentunya pengemudi harus memperhatikan beberapa hal untuk mencegah hal buruk terjadi. Apabila pengemudi melakukan kesalahan, kendaraan bisa saja mundur dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Namun, parkir mobil di tanjakan tidaklah sesulit yang dibayangkan, khususnya untuk mobil bertransmisi matik. Berikut adalah beberapa tipsnya.

Pastikan Rem Aktif Saat Memarkir Mobil Matik

Agar mencegah mobil bergerak maju atau mundur saat parkir di tanjakan, pastikan rem tangan aktif. Usahakan rem tangan (hand brake) ditarik lebih kuat saat memarkir mobil di tanjakan. Rem tangan akan menahan roda agar tidak berputar sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

Posisi Persneling pada Mobil Matik Berada di P

Saat memarkir mobil di tanjakan, usahakan transmisi mobil berada di “P” pada mobil matik. Posisi ini sangat disarankan ketika memarkir mobil di jalan yang menanjak / menurun. Hal ini dilakukan agar roda yang bertugas sebagai penggerak terkunci.

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Mobil Terlalu Sering Parkir di Bawah Terik Matahari

Belokkan Kemudi

Salah satu tindakan preventif yang bisa dicoba saat parkir mobil matik di tanjakan adalah membelokkan kemudi. Apabila saat parkir di tanjakkan terdapat trotoar, belokkan kemudi ke arah kanan. Tindakan ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila kinerja dari rem tangan tidak maksimal, dan mobil tidak meluncur ke bawah karena tertahan trotoar. Apabila tidak ada trotoar, maka arahkan kemudi ke kiri, sehingga saat terjadi masalah pada rem tangan, mobil akan mengarah ke pinggir jalan.

Tambahkan Ganjalan Saat Parkir di Tanjakan

Untuk mengantisipasi mobil mundur di tanjakan dengan kondisi jalan yang licin, tambahkan ganjalan pada roda mobil. Disarankan untuk menaruh ganjalan pada bagian roda depan dan belakang secara menyilang. Misalkan apabila roda depan bagian kanan diganjal, roda belakang bagian kiri juga diganjal. Hal ini dilakukan agar posisi parkir mobil lebih kuat.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas