Tips Parkir Outdoor agar Kabin Mobil Tetap Sejuk

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 11 June 2020

Tips Parkir Outdoor agar Kabin Mobil Tetap Sejuk

momobil.id – Ketika mobil terpaksa harus parkir di luar ruangan kala cuaca sedang terik, maka pengemudi biasanya memilih parkir di bawah pohon yang tujuannya agar kabin tidak panas selama ditinggal sementara.

Selain di bawah pohon, sebenarnya ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan agar kabin mobil tidak panas ketika sedang parkir di luar ruangan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba guna mencegah kabin mobil mengalami panas berlebih ketika parkir di luar ruangan dalam kondisi cuaca terik.

Gunakan kaca film

Menggunakan kaca film yang berkualitas sangat membantu mengurangi sengatan sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Kaca film akan menyaring intensitas cahaya yang masuk sehingga kabin tidak terlalu panas. Saat ini tersedia banyak jenis kaca film yang bisa menyaring intensitas cahaya tanpa membuat kaca mobil terlihat gelap. Namun perlu diketahui, tidak selamanya kaca film yang gelap selalu efektif mengurangi panas.

Tambahkan pelindung kaca

Ada beragam pelindung kaca yang bisa menjadi pertimbangan. Misalnya, pelindung kaca depan yang bisa merekat sehingga panas matahari tidak bisa masuk ke dalam kabin. Ada pula pelindung dashboard. Saat parkir di luar ruangan, hamparkan pelindung ini di atas dashboard. Jika tidak punya pelindung dashboard, bisa juga menggunakan selimut atau kain dengan warna cerah. Atau setidaknya membantu bagian dashboard tertutup.

Gunakan cover mobil

Cara juga bisa dicoba. Namun perlu diingat bahwa cover mobil ini fungsinya lebih kepada menjaga cat mobil supaya tidak mudah pudar atau suram. Bagi beberapa orang, menggunakan cover ini merepotkan. Belum lagi kondisi di dalam kabin akan relatif lebih panas karena ditutup. Tapi itu kembali lagi pada keputusan pemilik mobil mau memilih cara yang mana.

Baca juga: Arti Singkatan Rpm di Mobil dan Cara Membacanya

Adapun selain mencoba cara-cara di atas, pemilik mobil juga sebaiknya rutin mengecek kondisi AC. Karena saat hawa panas begitu terasa ketika masuk ke dalam mobil, hal yang biasanya dilakukan pengemudi adalah menyalakan AC. Itu sebabnya penting memeriksa secara rutin kondisi AC agar mampu bekerja maksimal mengurangi hawa panas di dalam kabin mobil.

Sumber gambar: Greenblue.com



Kembali ke atas