Tips Pemulihan Mobil Matic Pasca Terendam Banjir

Ditulis oleh : admin | 6 March 2018

Tips Pemulihan Mobil Matic Pasca Terendam Banjir

momobil.id – Mobil yang terendam banjir pasti membuat pemiliknya cemas akan biaya yang mungkin dikeluarkan untuk perbaikan. Namun, jika pemilik mobil cepat tanggap dan sempat melakukan hal yang tepat untuk memberikan pertolongan pertama Pertolongan Pertama Mobil Matic Bila Terendam Banjir saat terkena banjir, tentu risiko yang akan dihadapi cenderung lebih rendah.

Jika  melakukan pertolongan pertama pada mobil tersebut, ada sejumlah langkah pemulihan yang perlu dilakukan sebelum memeriksakan mobil lebih lanjut di bengkel terdekat. Simak tipnya berikut.

Lakukan Pengeringan

Setelah mobil dipindahkan pasca terendam banjir, langkah yang harus dilakukan segera adalah melakukan pengeringan berbagai komponen. Caranya dengan melepas semua kabel kelistrikan, kemudian semprot dengan angin dari kompresor angin. Bila tidak ada kompresor, bisa menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Adapun komponen yang wajib dikeringkan dan dibersihkan adalah busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, serta seluruh rangkaian kabel.

Segera Mengganti Oli

Sebagai elemen penunjang kerja mesin, oli merupakan komponen yang cukup penting. Oleh karena itu, bila mobil telah terendam banjir, segera kuras oli dan ganti dengan yang baru. Jangan lupa menyemprotnya dengan angin melalui kompresor atau pompa angin hingga oli dan air benar-benar terkuras. Setelah itu, isi mesin dengan oli yang larut dalam air dan kuras kembali oli tersebut agar air di mesin benar-benar hilang. Setelah itu, isi dengan oli baru yang jenis dan spesifikasinya sama dengan yang kamu gunakan selama ini.

Kuras Tangki Bahan Bakar

Sama seperti oli, langkah ini juga wajib dilakukan untuk menghilangkan air yang mungkin masuk ke saluran bahan bakar. Hal ini disebabkan bahan bakar yang terkontaminasi air tidak hanya berpotensi merusak komponen mesin, tetapi juga menyebabkan mobil mogok. Caranya menguras tangki bahan bakar tidak sulit. kamu hanya perlu memasukkan selang kecil hingga ke dasar tangki dan tarik sedikit udara dengan mulut hingga bahan bakar keluar mengalir habis.

Pastikan Lampu dan Peranti Pengereman Kering dan Aman

Selain berfungsi sebagai penerangan di malam hari, arus listrik di lampu juga rentan konsleting. Oleh sebab itu, pastikan lampu dalam kondisi kering dan aman. Setelah itu, keringkan wiper, klakson, door trim, karpet dek, serta jok. Keluarkan karpet dan lepas sarung jok kemudian cuci dan jemur. Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan peranti sistem pengereman karena setelah terendam air, biasanya kanvas rem akan mengeras. Oleh karena itu, gunakan ampelas halus untuk membersihkannya. Namun bila kanvas sudah terlalu keras, sebaiknya segera diganti.

Nah, setelah semua tip ini dilakukan dan tangki sudah terisi bahan bakar kembali, lakukan pemanasan mesin selama 10-15 menit. Setelah itu, jangan ragu untuk segera membawa mobil kamu ke bengkel untuk memastikan sistem di electronic control unit (ECU) tidak bermasalah. Pemeriksaan ini harus segera dilakukan karena kalau terlambat dilakukan, bukan tidak mungkin kerusakan jadi lebih parah dan biaya perbaikannya bisa sangat mahal. Semoga tip ini membantu kamu menghadapi musim hujan.

mobil terkait

Rp 160.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 200.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 210.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 135.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 140.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 100.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN


Kembali ke atas