Agar Tak Tertipu Saat Beli Mobil Bekas, Perhatikan 4 Hal Ini!

Ditulis oleh : admin | 4 July 2018

Agar Tak Tertipu Saat Beli Mobil Bekas, Perhatikan 4 Hal Ini!

Beli Mobil Bekas | Mobil Bekas

momobil.id – Ketika Anda beli mobil bekas yang spesifikasinya sesuai dengan harapan, jangan senang dulu. Setidaknya Anda mesti memperhatikan detail mobil sebelum beli mobil bekas, agar tidak tertipu oleh si penjual. Berikut momobil.id rangkum 5 car scam (penipuan) yang sering dilakukan penjual mobil yang tidak bertanggung jawab.

Menyembunyikan Kerusakan Air Mobil

Penjual yang cerdas biasanya menyembunyikan kerusakan air, sehingga pembeli tidak tahu. Biasanya kerusakan baru akan terdeteksi saat mobil mengalami mogok. Itulah sebabnya sebagai pembeli cerdas, Anda harus menyadari tanda-tanda mencurigakan sebelum beli mobil bekas agar tidak tertipu. Jika Anda tidak mengerti, bawalah seorang ahli untuk menemani Anda mengecek mobil bekas sebelum membeli.

Mengabaikan Detail Mobil

Anda harus ingat bahwa beli mobil bekas bukan hanya tentang model. Ada fitur dan fungsi yang perlu Anda teliti supaya tidak kecewa. Jika Anda datang ke penjual mobil dan setiap kali Anda menanyakan fungsi dan fitur, namun ia malah mengalihkan ke model mobil, Anda wajib berhati-hati.

Tidak Adanya Riwayat Kendaraan yang Jelas

Setiap mobil pasti memiliki riwayat kendaraan, seperti riwayat perbaikan mobil. Anda harus menanyakan ini kepada penjual agar tahu apakah mobil terawat denagn baik atau tidak. Anda patut waspada bila sang pemilik tidak memberikan riwayat perbaikan mobil kepada Anda.

Permainan Harga Tukar Tambah

Penjual yang telah ahli biasanya memanfaatkan momen tukar tambah kendaraan untuk investasi atau mencari keuntungan. Jadi, sebelum beli mobil bekas, Anda haruslah tahu dengan baik berapa sebenarnya nilai mobil agar Anda tidak kehilangan uang karena bekal pengetahuan yang kurang. Lakukan survei terlebih dahulu dan libatkan kerabat yang lebih tahu tentang hal ini sebelum beli mobil bekas.

Penjual yang cerdas akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk mobil incaran Anda hanya dengan melihat raut wajah atau mata Anda. Oleh sebab itulah, saat Anda akan membeli mobil, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup soal harga mobil.

Oleh : Dwi Septi

Foto : Istimewa


Kembali ke atas