Tongkrongan Lebih Sporty, Simak Detail Xpander Black Edition

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 December 2020

Tongkrongan Lebih Sporty, Simak Detail Xpander Black Edition

momobil.id – Belum lama ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi menghadirkan dua varian edisi spesial yang dipasarkan secara terbatas yakni Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Sebagai edisi spesial, Xpander dan Xpander Cross Black Edition hanya dipasarkan dalam jumlah 1.000 unit untuk Xpander biasa dan 500 unit untuk varian Cross. Lalu, apa saja perbedaan varian ini dengan Xpander versi reguler?

Seperti dilansir kompas.com, melihat dari desain keseluruhan sudah tentu tak berubah. Namun tongkrongannya terlihat lebih sporty berkat aplikasi body kit baru yang melekat disekujur bodinya.

Menariknya lagi, agar nuansa agresif terlihat, pada bagian body kit yang meliputi bumper depan dan belakang, hingga side skirt tersebut diberikan sentuhan aksen kelir merah. Sementara status Black Edition melekat pada pintu bagasi belakan. Untuk aksen hitam lainnya, bisa ditemui dibeberapa sektor selain dari warna bodi yang memang sudah gelap. Mulai dari pelek dengan dimensi yang masih sama, yakni sampai door mirror.

Aura hitam juga dibawa masuk sampai sektor kabin melalui beberapa sentuhan baru. Paling menarik perhatian desain seat cover dan floor mat yang konsepnya dibuat sama dengan body kit, yakni warna hitam dengan aksen merah. Walau hanya sekadar sarung, tapi lapisan jok dengan detail jahitan merah dan ada sentuhan nuansa karbon dari baris pertama hingga ketiga, cukup memberikan suguhan menarik.

Untuk unit Xpander Black Edition sendiri menggunakan basis dari tipe Exceed yang tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni manual dan matik. Sementara untuk sistem hiburan dalam perjalanan, sudah mengaplikasi audio layar sentuh bedimensi 7 inci.

Untuk urusan performa dan sensasi berkendara, bisa dibilang tak ada yang berubah karena memang dari segi teknis baik performa sampai kaki-kaki tak ada yang diotak-atik. Artinya, meski nampak seperti sebuah Xpander yang telah dimodifikasi, tapi segi kenyamanan ala pabrikan tetap disajikan dengan baik.

Bagi konsumen yang tertarik untuk meminang Xpander Black Edition namun enggan memilih kelir gelap, tak perlu khawatir. Mitsubishi juga menyediakan warna quartz white pearl, namun tetap dengan balutan warna hitam pada sisi interior dan beberapa sektor di ekterior.

Sedangkan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, tampil lebih mewah dengan memanfaatkan audio premium. Seperti diketahui, mengusung tema Rockford Fosgate yang merupakan merek audio ternama asal Amerika Serikat, MPV varian tertinggi di keluarga Xpander ini sudah dilengkapi dengan tambahan amplifier dan subwoofer yang diletakan pada bagian bagasi belakang.

Menariknya, penempatan subwoofer yang dibuat secara presisi tak memangkas ruang bagasi. Artinya, kelapangan bagasi masih bisa digunakan sebagai penyimpanan barang saat berpergian. Tak hanya itu, jok baris ketiga yang dilengkapi dengan fitur senderan badan pun masih bisa difungsikan dengan baik.

Dengan demikian, bisa dikatakan Mitsubishi menyematkan penambahan fitur instalasi audio tanpa mengorbankan sisi kenyamanannya. Melihat dari aspek gaya hidup, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition cocok menjadi pilihan keluarga yang suka tampil beda, stylish, dan suka berpetulang.

Baca juga: Cara Mengoperasikan Pedal Kopling yang Benar Pada Mobil Manual

Apalagi kini sudah temani dengan perangkat audio premium, otomatis kualitas audio dari headunit layar sentuh 7 inci-nya akan makin memanjakan telinga selama perjalanan. Seperti diketahui, subwoofer sendiri memiliki fungsi sebagai speaker bass yang menghasilkan nada rendah. Dengan demikian, hadirnya subwoofer 10 inci bersama paket amplifier 5 channel 260W pada Xpander Cross edisi serba hitam tersebut, akan memberikan efek suara bass yang lebih solid.

Adapun baik Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition juga tersedia opsi warna putih. Adanya warna putih dilakukan untuk memberikan opsi bagi calon konsumen. Keputusan tersebut tak lepas dari pertimbangan bila kelir putih masih menjadi pilihan favorit.

Harga

Dari segi harga, Mitsubishi meniagakan Xpander Black Edition manual sebesar Rp257,1 juta dan Rp267,5 juta untuk matik. Bila dibandingkan dengan tipe Exceed biasa, baik manual dan matik selisihnya Rp14,3 juta. Sedangkan Xpander Cross Rockford Fosgate hanya tersedia transmisi matik dan dibanderol Rp304,7 juta.


Kembali ke atas