Toyota Agya GR Sport Kini Bukan Mobil LCGC, Apa Bedanya?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 February 2023

Toyota Agya GR Sport Kini Bukan Mobil LCGC, Apa Bedanya?

momobil.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan All New Toyota Agya. Hatchback ini hadir dalam dua varian, yaitu Agya LCGC dan Agya GR-Sport. Kini varian GR-Sport tidak lagi masuk ke dalam kelas Low Cost Green Car (LCGC). Lantas, apa perbedaannya dari Agya versi standar?

Vice President PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan bahwa Agya GR-Sport kini menjadi produk yang masuk ke dalam segmen baru. Konsumen Agya GR-Sport akan menyasar pada pemebli mobil pertama yang menginginkan mobil dengan tampilan yang sporty.

“GR ini adalah kita lihat adalah kebutuhan masyarakat, segmen baru, maka kita memang akan masuk di segmen yang berbeda. Jadi GR-Sport ini akan masuk ke segmen yang konsumen masih first entry, urban community tapi memang mencari sporty car. Jadi segmen itu beda dengan yang LCGC,” ujar Henry dilansir dari detikOto.

Tampilan Agya GR-Sport Lebih Agresif

Perbedaan utama dari varian GR-Sport terletak pada eksteriornya. Pada bagian depan, bentuk lampu horizontal dan grill sama persis dengan LCGC. Varian GR-Sport menggunakan housing air dam dengan sirip tambahan. Selain itu, Agya model termahal ini juga menggunakan aero kit pada bagian eksteriornya untuk meningkatkan aerodinamika dan tampilan yang sporty.

Exterior dari Agya GR-Sport dibalut dengan warna dual tone. Varian ini juga hadir dengan emblem GR dan logo Toyota pada bagian grill. Sementara pada bagian velg, kini Agya versi tertinggi menggunakan velg dual tone berukuran 15 inci.

Beralih ke bagian kabin, Toyota belum memperlihatkan tampilan interior dari Agya GR-Sport. Meskipun demikian, Executive Chief Engineer All New Agya, Toshihiro Nakaho menjelaskan bahwa interior dilengkapi dengan ornamen dark silver, material jok tricot dan aksen logo GR, serta aksen merah pada knob dan kemudi.

Baca Juga: All New Toyota Agya Meluncur, Bawa Desain Baru

Sektor Performa

Beralih ke bagian performa, Toyota Agya GR-Sport mengusung DNA motorsports dari Toyota Gazoo Racing (TGR). Ubahan dari Agya standar terletak pada sistem suspensi dan EPS (Electronic Power Steering). Varian GR-Sport memiliki setelan eksklusif shock absorber dan coil spring yang mampu memberikan daya redam lebih maksimal.

Electronic Power Steering pada varian GR-Sport juga mendapatkan rasio gigi yang lebih rapat. Hal ini membuat Agya lebih lincah ketika bermanuver. Mobil ini juga menggunakan ban sport untuk menambah traksi pada jalan lurus dan grip pada jalan berliku.

Pada sektor dapur pacu, belum ada informasi mengenai mesin yang akan digunakan oleh All New Agya. Namun, Toshihiro Nakaho mengatakan bahwa All New Agya akan menggunakan mesin milik Toyota Raize dengan tuning yang berbeda. Bocorannya, mobil ini akan menggunakan mesin WA-VE 1.200 cc 3 silinder Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 11,52 Kgm.

mobil terkait

Rp 137.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 160.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 145.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 212.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 182.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 285.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas