Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander Pakai CVT, Ini Alasannya

Ditulis oleh : admin | 25 November 2021

Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander Pakai CVT, Ini Alasannya

momobil.id – Peluncuran dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Mitsubishi Xpander disambut dengan respon positif oleh masyarakat. Terdapat berbagai macam ubahan pada ketiga mobil tersebut, baik dari segi desain dan segi fitur. Salah satu pembeda dari versi dahulunya ada pada bagian transmisi. Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia terbaru menggunakan transmisi CVT.

“Kami mendengarkan keinginan konsumen yang menginginkan pengalaman mengemudi yang lebih efisien dan nyaman. Efisiensi dan kenyamanan berkendara ini bisa diberikan oleh transmisi CVT.” ujar Hikaru Mii selaku Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dilansir dari GridOto.com.

Dari Pihak Toyota, Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy juga menyampaikan hal yang serupa.

“Transmisi CVT lebih ringan. nyaman, dan bisa mendukung efisiensi bahan bakar mobil,” ujar Anton Jimmi Suwandy dilansir dari GridOto.com.

CVT merupakan salah satu jenis transmisi otomatis yang menggunakan pulley dan sabuk baja. Dengan penggunaan transmisi CVT, perpindahan gigi menjadi lebih halus. Keuntungan CVT dibanding transmisi otomatis konvensional ada pada efisiensi dalam mengolah BBM. Mesin tidak perlu bekerja ekstra karena tidak ada gear yang mengikat terhadap kecepatan mobil dengan kecepatan putaran mesin.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza Generasi Terbaru, Paling Murah Rp206,2 Juta

Perbedaan Transmisi CVT pada Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza

Meskipun sama-sama menggunakan transmisi CVT, namun sistem kerja dari transmisi pada Mitsubishi Xpander berbeda dengan Toyota Avanza. Mitsubishi Xpander menggunakan transmisi CVT biasa. Transmisi CVT biasa menggunakan pulley dan sabuk baja dalam melakukan perpindahan gigi. Sabuk baja menghubungkan pulley yang menggerakan dan pulley yang digerakan. Masing-masing pulley dapat bergerak ke arah kanan atau kiri sehingga lebar kedua pulley bisa menyempit atau melebar.

Berbeda dengan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza menggunakan transmisi CVT yang diberi nama Dual Mode CVT (D-CVT). Sistem transmisi yang digunakan oleh Avanza dan Veloz tidak hanya menggunakan pulley dan sabuk baja saja, namun terdapat rangkaian gigi tambahan dan gigi planet. Sistem ini disebut dengan split-gears system. Ketika mobil berjalan di kecepatan rendah sampai menengah, perpindahan gigi dilakukan dengan pulley dan sabuk baja. Penggunaan split gears system terjadi ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi. Tujuan dari sistem gigi transmisi yang bekerja secara bergantian ini agar transmisi energi menjadi lebih efisien.

mobil terkait

Rp 185.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 187.000.000

Individu

PADANG

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA


Kembali ke atas