Asik, Toyota Avanza dan Raize Mungkin Dapat Diskon PPnBM

Ditulis oleh : admin | 11 February 2022

Asik, Toyota Avanza dan Raize Mungkin Dapat Diskon PPnBM

momobil.id – Belum lama ini, ada kabar dari PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menyebutkan bahwa Toyota Raize dan Avanza kemungkinan dapat mendapatkan insentif PPnBM. Hal ini disampaikan ketika pihaknya memberikan komentar terkait dengan perpanjangan diskon PPnBM tahun 2022. 

“Mungkin Raize dan Avanza akan masuk daftar, walau tidak semua grade, dan untuk harga LCGC itu sudah menggunakan harga 0 persen saat ini. Nanti kami kabari kalau sudah ada keputusan terutama dari pemerintah soal tipenya,” ujar Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmy Suwandy. 

Beliau mengatakan bahwa untuk saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga mobil maupun tipe-tipe apa saja yang bisa mendapatkan diskon PPnBM sehingga sampai pihak Toyota masih menunggu detail aturan diskon PPnBM tersebut. Namun kemungkinan, beberapa model dari Toyota Raize dan Toyota Avanza bisa menerima diskon PPnBM.

Baca Juga: Selain Mesin, Ini Perbedaan Lain Toyota Raize 1.0L Turbo dan 1.2L

Sekarang ini pemerintah diketahui sudah mengambil keputusan untuk memperpanjang diskon PPnBM khusus untuk tipe mobil berkapasitas 1.500 cc dan dengan harga yang berada di bawah Rp 250 juta. Mobil tersebut dikabarkan masuk kriteria untuk kendaraan yang mendapatkan insentif pajak. 

Untuk mobil dengan harga berkisar diantara Rp 200 juta hingga Rp 250 juta, dikabarkan akan mendapatkan diskon dimana setiap kuartalnya menghadirkan persenan berbeda. Untuk kuartal pertama tahun ini, dikabarkan pemerintah akan menetapkan insentif pajak sebesar 50%, sehingga konsumen hanya membayar PPnBM sebesar 7,5%, dan 15% pada kuartal kedua. 

Khusus mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC) dikabarkan juga mendapatkan diskon PPnBM di awal tahun ini. Pada kuartal kedua tahun ini, akan dikenakan PPnBM sebesar 1%, dilanjutkan 2% pada kuartal ketiga tahun ini, pada kuartal terakhir akan dikenakan PPnBM sebesar 3%. Hal ini dibuat agar dapat menurunkan shock di pasar penjualan mobil Indonesia. 

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas