Perbarui Concept-i, Toyota Benamkan Teknologi AI Bernama YUI

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi | 10 December 2019

Perbarui Concept-i, Toyota Benamkan Teknologi AI Bernama YUI

momobil.id – Tak hanya di industri produk teknologi seperti smartphone, teknologi AI alias artifical intellegence saat ini juga sudah mulai diterapkan di industri otomotif. Toyota kini telah memperbaharui armada rancangannya yakni Concept-i dengan teknologi terbaru. Dengan pembaruan tersebut, Concept-i yang pertama kali diperkenalkan tahun 2017 kini turut berubah nama menjadi LQ Concept.

Toyota menyematkan teknologi AI yang diberi nama YUI. YUI mengendalikan hampir semua fitur dalam Toyota Concept-i sekaligus menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang. Pengemudi dapat berinteraksi dengan teknologi AI melalui perintah suara dengan memanfaatkan area atap dan lantai yang telah dirancang sebagai platform komunikasi intuitif.

Warna pencahayaan yang berbeda memberi tahu orang-orang di dalam ketika mobil berada dalam mode mengemudi manual atau otomatis, karena LQ dilengkapi dengan sistem otonom Level 4. Ini juga dilengkapi fungsi parkir valet otomatis yang dikembangkan bersama dengan Panasonic.

Baca Juga: Hyundai kembangkan mobil berbahan hidrogen, bagaimana cara kerjanya?

Fungsi lain yang dikembangkan bersama dengan Panasonic adalah Augmented Reality Head Up Display yang membantu pengemudi mengawasi jalan. Mobil ini juga memiliki lapisan pemurnian udara yang dikembangkan bersama dengan Aisin, dan fitur seperti Digital Micromirror Device.

Adapun secara dimensi, Toyota LQ Concept memiliki panjang 4,530 mm, lebar 1,840 mm, tinggi 1.480 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Mengandalkan tenaga listrik, LQ Concept disebut memiliki daya jelajah sekitar tiga ratus kilometer.

Sebelumnya, perkembangan teknologi di dunia otomotif juga dihadirkan oleh Yamaha yang bekerja sama dengan Sony ketika menguji coba fitur Mixed Reality di sebuah mobil otonom. Teknologi ini dihadirkan guna menciptakan kondisi dimana objek yang seharusnya ada di dunia maya bisa hadir dan berinteraksi secara fisik dan digital dengan pengguna pada saat yang sama.

Sumber gambar: Business Insider


Kembali ke atas