Toyota Calya VS Daihatsu Sigra 2017, Pilih Mana?

Ditulis oleh : admin | 12 January 2017

Toyota Calya VS Daihatsu Sigra 2017, Pilih Mana?

Berlangsungnya persaingan tidak hanya terjadi di dunia balap mobil saja, namun juga terus terjadi diantara berbagai produsen mobil populer saat ini. Persaingan tersebut mencakup penciptaan produk-produk mobil terbaru yang semakin ketat. Berbagai perusahaan mobil–baik asal Jepang, maupun asal Eropa–terus berkompetisi memberikan fitur-fitur terbaik dalam produk ciptaan mereka. Tentu saja, tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai penjualan produsen-produsen mobil tersebut.

Toyota Calya VS Daihatsu Sigra
Source: szaktudas.com

Seiring semakin meningkatnya minat masyarakat untuk memiliki mobil pribadi, membuat dua produsen mobil asal Jepang–Toyota dan Daihatsu–mulai variatif dalam memenuhi minat masyarakat yang semakin konsumtif. Setelah sukses dengan Avanza dan Xenia, kedua produsen mobil ini kembali mendobrak pasar otomotif Indonesia dengan karya terbarunya yakni, Calya dan Sigra. Jika dilihat sekilas, kedua mobil ini rasanya mirip dan sangat jelas berkiblat pada Avanza dan Xenia. Namun, Toyota dan Daihatsu nyatanya memberikan sedikit perbedaan pada kedua mobil terbaru mereka, Toyota Calya VS Daihatsu Sigra. Lantas, mana yang terbaik antara Calya dan Sigra? Berikut ulasannya!

Bagian Depan Yang Sedikit Berbeda

Walaupun jika dilihat sekilas mobil ini tampak seperti kembar, namun perbedaan di bagian depan terlihat cukup jelas jika diperhatikan dengan teliti. Perbedaan yang cukup jelas adalah fog lamp di bagian depan kedua mobil ini. Perbedaan yang cukup jelas adalah Toyota Calya memiliki fog lamp minimalis yang terletak di bawah pojok bumper, sedangkan Daihatsu Sigra memiliki fog lamp yang lebih lebar dengan list chrome yang memberikan kesan bentuk gril.

Selain iitu, perbedaan lainnya yang cukup nampak jelas pada bagian depan Calya dan Sigra adalah bagian emblem atau logo. Calya sendiri mengadopsi nama dari bahasa sansekerta yang berarti sempurna dengan lambang Garuda–seperti yang ada pada Toyota Agya–yang terkesan gagah. Sedangkan, untuk Sigra sendiri memiliki logo khas dengan huruf S sebagai konotasi terhadap Sigra.

Perbedaan Bagian Samping

Bagian samping merupakan bagian yang paling tampak jelas pada setiap mobil manapun. Termasuk pada Toyota Calya VS Daihatsu Sigra yang memiliki perbedaan identik pada bagian samping. Jika dilirik, bagian samping Calya terlihat lebih minimalis dengan lekukan yang membuat cukup dinamis. Sedangkan, bagian samping Sigra memiliki aksesoris moulding chrome yang terlihat lebih sylish.

Bagaimana Perbedaan di Bagian Belakang?

Dari semua elemen eksterior yang ada di Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, bagian belakang merupakan bagian yang paling memiliki sedikit perbedaan. Tidak terlalu signifikan, namun jika diperhatikan dengan teliti, kedua mobil ini memiliki sedikit perbedaan pada bagian belakang. Penggunaan lampu dan garnish pada kedua mobil ini tidak memiliki perbedaan yang cukup istimewa. Namun, sedikit perbedaan terlihat dari knalpot Sigra yang lebih besar dengan tambahan muffler tip yang terkesan lebih sporty namun juga elegan. Berbeda dengan Calya yang hanya mengadopsi knalpot yang polos.

Bagian Interior

Ketika kita mulai memasuki ruang kabin mobil Toyota Calya VS Daihatsu Sigra, tentu saja hal yang langsung terlihat berbeda adalah bagian jok interior. Calya sendiri mengadopsi desain interior yang terlihat elegan dengan balutan warna coklat, sedangkan Sigra nampak lebih minimalis dengan balutan kulit berwarna hitam pada bagian keseluruhan jok di dalam kabin.

Selain itu, fitur keamanan pada interior mobil juga memiliki perbedaan. Namun, perbedaan satu ini nyatanya cukup signifikan yakni Toyota Calya lebih unggul dengan kelengkapan air bags, rem ABS, sensor parkir, sabuk pengaman otomatis, dan lain sebagainya pada semua tipe mobil Calya. Berbeda dengan Sigra yang hanya memiliki fitur keamanan standar guna memberikan harga yang lebih terjangkau kepada masyarakat.

Perbandingan Mesin

Untuk urusan mesin, kedua produsen mobil ini masing-masing memiliki karakternya sesuai dengan minat masyarakat. Untuk Daihatsu Sigra, komponen mesin terdiri dari tipe D dan M berkapasitas 1.000 cc dengan transmisi manual, dan tipe X dan R dengan kapasitas mesin 1.200 cc dengan dua pilihan transmisi automatic dan manual. Sedangkan, untuk Toyota Calya diperuntukan untuk konsumen yang tertarik membeli brand Toyota yang lebih unggul dengan harga yang sedikit lebih mahal. Calya terdiri dari tipe E dan G yang masing-masing terdapat dua pilihan transmisi manual dan automatic. Kapasitas mesinnya pun cukup bertenaga dengan 1.200 cc dan sistem VVT-i.

Kesimpulan Perbedaan Toyota Calya VS Daihatsu Sigra

Menyasar segmen mobil MPV namun juga mengadopsi pasar LCGC (Low Cost Green Car) membuat kedua mobil ini bisa dibilang sebagai mobil dengan harga yang cukup terjangkau. Sama-sama mampu menampung 7 penumpang, kedua mobil ini memang ditargetkan untuk segmen mobil keluarga. Kesimpulannya adalah, Daihatsu Sigra lebih menargetkan pasar LCGC kelas menengah ke bawah dengan harga yang terlampau lebih murah jika dibandingkan dengan Toyota Calya. Sedangkan, Calya memiliki image yang lebih unggul dengan brand Toyota yang identitasnya lebih berkuailtas. Wajar apabila Calya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Sigra.

perbedaan toyota calya dan daihatsu sigra
Source: blogspot.com

Walaupun begitu, bukan berarti Toyota Calya lebih baik dibandingkan Daihatsu Sigra. Karena dibalik itu, Sigra justru memiliki keunggulan dimana terdapat pilihan varian yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Calya. Selain itu, tampilan eksterior Sigra juga memiliki desain dan bentuk yang lebih atraktif dan dinamis. Tentu saja, hal tersebut kembali lagi kepada selera masing-masing pembeli. Lantas, Anda lebih tertarik yang mana? Antara Toyota Calya VS Daihatsu Sigra?

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 178.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 128.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 189.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas