Toyota Century Tampil Mewah dengan Gaya SUV

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 September 2023

Toyota Century Tampil Mewah dengan Gaya SUV

momobil.id – Toyota Century merupakan sebuah mobil eksklusif yang dirancang khusus untuk pasar Jepang dengan kemewahan setara Rolls Royce. Kini, mobil eksklusif berbentuk sedan mewah tersebut memiliki wujud baru. Toyota resmi memperkenalkan varian SUV dari Toyota Century.

Century SUV memiliki karakteristik yang sama dengan versi sedan. SUV mewah ini mendampingi Century versi sedan yang sudah melenggang sejak tahun 1967. Sama seperti model sedan, Century SUV didesain khusus untuk kalangan terbatas.

SUV sekelas Bentley Bentayga dan Rolls Royce Cullinan ini akan tersedia di dealer terpilih di Jepang. Mobil ini ditargetkan sebanyak 30 unit per bulan dan diproduksi di Pabrik Tahara, Aichi Jepang. Toyota sudah membuka pemesanan Century SUV dengan harga 25.000.000 yen atau setara dengan Rp2,59 miliar.

Desain Eksterior dan Dimensi

Tampilan Belakang Toyota Century SUV
Tampilan Belakang Toyota Century SUV

Serupa dengan varian sedan, Century SUV memiliki bentuk klasik yang mengotak dan mewah. Desain dari Century SUV sekilas mengingatkan Rolls Royce Cullinan dengan style “Japanese Domestic Market”.

Pada fasia depan, Toyota Century dilengkapi grill berbentuk kotak dengan krom dan logo burung phoenix yang diukir. Di samping grill terdapat lampu depan twin-stripe LED headlights dengan dua elemen pencahayaan di setiap kluster. Sementara bagian bumper terdapat tiga saluran udara dengan ukuran besar.

Beralih ke bagian samping, Century SUV memiliki elemen desain mengotak, serupa dengan versi sedan. Mobil ini disematkan velg standar dengan ukuran 20 inci dan tersedia opsi velg 22 inci. Salah satu hal yang menarik ada pada pintu belakang. Selain pilihan pintu belakang yang terbuka dengan sudut 75 derajat, Toyota menyediakan opsi pintu belakang dengan power sliding door.

Sementara pada bagian belakang, Century SUV disematkan lampu belakang twin-stripe LED dengan dua elemen pencahayaan pada setiap kluster. Terdapat juga logo burung phoenix dan badge “Century” pada bagian atasnya.

Pelanggan Century SUV bisa mengkostumisasi penampilan dari kendaraannya sesuai selera. Mobil ini hadir dalam tujuh pilihan warna, di mana empat diantaranya merupakan warna dual tone. Toyota juga memberikan opsi styling berupa versi GRMN yang lebih sporty, hingga convertible.

Century SUV dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang diklaim memiliki tingkat kenyamanan berkendara yang lebih baik. Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 5.205 mm, lebar 1.990 mm, tinggi 1.805 mm, dan ukuran jarak sumbu roda 2.950 mm.

Baca Juga: Melirik Harga dan Spesifikasi Toyota Alphard 2023 di Indonesia

Interior dan Fitur

Interior Toyota Century SUV

Sejatinya SUV premium, Century SUV menawarkan interior mewah dan eksklusif serta fitur kenyamanan yang berlimpah. Kabin tersedia dengan konfigurasi empat tempat duduk yang dipisahkan oleh kompartemen bagasi dan kaca laminasi bening. Mobil ini juga disediakan panoramic sunroof.

Kursi bagian belakang sudah dilengkapi dengan pemanas dan berventilasi. Selain itu, kedua kursi dapat direbahkan dengan pijakan kaki yang dapat dipanjangkan, serta kursi penumpang depan yang dapat dilipat. Dengan demikian, penumpang belakang dapat berbaring sepenuhnya.

Bagian baris belakang juga sudah dilengkapi oleh beberapa itur, misalnya seperti satu set layar berukuran 11,6 inci, kontrol layar sentuh mirip smartphone, sistem audio canggih, serta kompartemen pendingin.

Sektor Performa Toyota Century

Berbeda dengan varian sedan yang menggunakan mesin bensin V8 hybrid berkapasitas 5,0 liter, Century SUV menggunakan mesin plug-in hybrid (PHEV). SUV mewah ini menggendong unit V6 3,5 liter berkode 2GR-FXS yang dipasangkan dengan dua buah motor listrik.

Mesin V6 milik Century mampu menghasilkan tenaga sebesar 193 kW dan torsi 335 Nm. Sementara kedua motor listriknya menghasilkan tenaga 134 kW/270 Nm dan 80 kW/169 Nm. Tenaga gabungan sebesar 406 hp ini disalurkan ke sistem penggerak E-Four Advanced AWD melalui transmisi e-CVT.

Sebagai mobil PHEV, Century SUV mampu melaju hanya menggunakan baterai sejauh 69 km.

Sumber gambar: Toyota

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 100.000.000

Individu

JEMBER

Rp 189.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 237.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 123.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 165.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas