Toyota Coms, Mobil Listrik Imut yang Bakal Masuk Indonesia

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 24 November 2020

Toyota Coms, Mobil Listrik Imut yang Bakal Masuk Indonesia

momobil.id – PT Toyota Astra Motor akan meluncurkan mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) yang diberi nama Toyota Coms atau T-Coms mulai tahun depan. Dilansir dari Tempo.co, peluncuran mobil ini sejalan dengan kerja sama yang dijalin dengan ITDC Nusa Dua, Bali, dalam rangka pembangunan konsep EV Ecotourism.

Jika dilihat, T-Coms sekilas mirip Toyota i-Road yang sempat dikenalkan di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 lalu. Berbeda dengan i-Road yang hadir dengan tiga roda, Coms dibekali dengan empat roda sehingga sah disebut mobil.

T-Coms adalah mobil single-seater atau mobil dengan kapasitas satu orang. Konsep yang diusung adalah kendaraan yang mengedepankan kemudahan berkendara untuk jarak terbatas. Mobil ini memiliki kemampuan jelajah hanya sekitar 50 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Toyota Coms
T-Coms | Sumber:otosia.com

T-Coms sendiri dibekali dengan motor listrik tunggal yang bisa menghasilkan daya 6,8 PS dan torsi maksimum 40 NM. Mobil imut ini mampu melaju hingga 60 kilometer per jam dengan beban bagasi 30 kilogram.

Baca juga: Dua Mobil Listrik Hyundai Resmi Mengaspal di Indonesia

Toyota mengklaim bahwa baterai T-Coms bisa terisi penuh dengan pengisian selama 6-7 jam. Uniknya, baterai yang digunakan pada T-Coms bukan berjenis Lithium-Ion seperti mobil listrik pada umumnya. T-Coms menggunakan baterai berjenis timbal asam konvensional.

Selain itu, di bagian lampu, T-Coms dilengkapi lampu LED dengan lampu sein kuning tang terpisah dihiasi garis desain yang apik. Di bagian bumper juga terdapat sepasang fog lamp yang tak kalah imut. Di bagian kaki-kaki, T-Coms menggunakan pelek dual tone berdiameter 12 inci. Sementara di bagian belakang terdapat bak mini seperti pikap yang sangat fungsional.

Dengan hadirnya T-Coms juga akan sangat berguna bagi penduduk perkotaan yang padat. Desain mobil ultra-kompak seperti T-Coms jelas lebih praktis, karena tidak membutuhkan ruang besar untuk parkir. Selain itu, hadirnya T-Coms juga diharapkan supaya semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa merasakan manfaat kendaraan listrik yang ramah lingkungan.


Kembali ke atas