Toyota Corolla Cross Hadir dalam Dua Varian, Simak Perbedaannya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 August 2020

Toyota Corolla Cross Hadir dalam Dua Varian, Simak Perbedaannya

momobil.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Corolla Cross dalam dua varian yakni yang menggendong mesin bensin dan versi Hybrid Electric Vehicle (HEV). Corolla Cross mesin bensin dibanderol Rp457 jutaan dan versi HEV dibanderol Rp497 jutaan.

All New Corolla Cross berbahan bakar bensin menggunakan mesin 1.8L 2ZR-FE yang mampu mencapai power maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm/4.000 rpm.

SUV perkotaan dengan kapasitas lima penumpang ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Corolla Cross memberikan ruang yang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman.

Wheelbase sejauh 2.640 mm tidak hanya membuat area kabin semakin lapang, tapi juga memastikan mobil terasa nyaman di jalan ditambah dengan volume bagasi yang luas dengan ketinggian lantai yang pas untuk mempermudah meletakkan barang. Mobil ini juga memiliki head clearance 105 mm di depan dan 87 mm di belakang.

All New Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman sehingga terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 mm.

Interior Toyota Corolla Cross
Interior Toyota Corolla Cross

Bagian interior mobil ini menggunakan nuansa hitam. Beberapa fitur yang disematkan pada bagian interior seperti steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi yang dilengkapi radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Baca juga: Oli Mesin Mobil Harus Sesuai Takaran, Ini Efeknya Jika Kebanyakan

Sementara penumpang di baris kedua terdapat kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror. Untuk fitur keamanan, mobil ini dibekali rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Adapun untuk varian HEV menggunakan mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari varian mesin bensin.


Kembali ke atas