Toyota dan Daihatsu Indonesia Lakukan Recall Apa Masalahnya?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 February 2024

Toyota dan Daihatsu Indonesia Lakukan Recall Apa Masalahnya?

momobil.id – Toyota dan Daihatsu Indonesia resmi mengumumkan recall pada sejumlah model mobil di Indonesia. Adanya penarikan kembali kendaraan yang dijual di Indonesia tidak berkaitan dengan kasus manipulasi di Jepang. Lantas, apa masalahnya?

Recall yang Dilakukan Toyota

PT Toyota Astra Motor mengumumkan setidaknya lima model mobil di Indonesdia yang terkena dampak recall. Kelima model tersebut adalah Sienta produksi Juni 2016-April 2020, Avanza dan Veloz produksi November 2022, Veloz produksi Oktober 2021-Agustus 2023, Avanza produksi November 2021-September 2023, Vios produksi Juni 2022-Agustus 2023, dan Yaris Cross produksi Mei-September 2023.

Permasalahan yang dialami kelima model tersebut berbeda-beda. Sienta produksi Juni 2016-April 2020 mengalami masalah pada Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan. Toyota melihat performa sealer kurang maksimal, sehingga berisiko terjadinya kebocoran air pada pilar depan. Selain itu, masalah ini juga berdampak pada kinerja dari sistem kelistrikan seperti pada power sliding back door.

Untuk Avanza dan Veloz produksi November 2022, Toyota mengumumkan adanya perbaikan pada Front Door Side Impact Beam yang pemasangannya kurang presisi. Perangkat tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga tidak memberikan perlindungan yang baik jika terjadi benturan.

Masalah pada Avanza – Veloz, Toyota Vios, dan Toyota Yaris Cross terdapat pada Front Shock Absorber Nut. Pemasangan komponen tersebut tidak kencang, sehingga mur menjadi kendur dan menghasilkan suara tidak normal. Komponen ini juga berpotensi lepas dan dapat menyebabkan kendaraan melaju tidak stabil.

“Sekali lagi, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami berharap pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar recall, dapat segera datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen supaya tidak ada kendala safety di kemudian hari. Dengan visi Total Mobility Solution, pelanggan dapat mengakses informasi recall melalui website resmi kami https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500315 untuk pengecekan awal. Atau dapat pula menghubungi jaringan bengkel resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan selanjutnya melakukan booking service untuk perbaikan sehingga memberikan peace of mind,” ujar Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Baca Juga: Segini Harga Baru dan Bekas Toyota Agya di 2024

Recall yang Dilakukan Daihatsu

Sejalan dengan recall yang dilakukan Toyota, Daihatsu juga mengumumkan recall pada Xenia produksi November 2021-September 2023 dan Xenia produksi November 2022. Untuk Xenia produksi November 2021-September 2023, masalah terdapat pada mur Shock Absorber pada bagian depan. Pengecekan dan pengencangan mur perlu dilakukan agar tidak terjadi masalah lebih lanjut.

Sementara Xenia produksi November 2022 perlu dilakukan perbaikan dan pengecekan pada bagian Door Beam kanan depan. Pengecekan dan perbaikan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.

Untuk memastikan apakah kendaraannya masuk ke dalam program recall, konsumen dapat mengakses laman resmi ssc.daihatsu.co .id dengan memasukkan nomor rangka kendaraan. Konsumen juga bisa menghubungi call center di 1-500-898 dan melakukan booking servis terlebih dahulu. Booking servis bisa dilakukan lewat aplikasi DaihatsuKu.

Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER

Rp 155.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 85.000.000

Individu

JEMBER

Rp 105.000.000

Individu

JEMBER

Rp 79.000.000

Individu

JEMBER

Rp 170.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas