Toyota Dikabarkan Siap Meninggalkan Mesin V8

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 June 2020

Toyota Dikabarkan Siap Meninggalkan Mesin V8

momobil.id – Mesin V8 merupakan salah satu mesin yang menjadi favorit bagi pecinta otomotif. Namun, banyak produsen otomotif yang mulai meninggalkan mesin ini, salah satunya adalah Toyota. Mesin V8 ini merupakan mesin legendaris yang dipakai dalam produk yang bergengsi. Toyota masih menyisakan mesin V8 berkode 3UR-FE dengan kapasitas 5.700cc yang dipakai dalam Toyota Land Cruiser 200, Toyota Sequia, dan Tundra. Sebagai gantinya, Toyota akan lebih mengutamakan produksi mesin V6 Twin Turbo bagi lini produk elit mereka.

Salah satu dari dua pabrik Toyota di dunia masih memproduksi mesin ini. Pabrik mesin Toyota di Alabama masih akan membuat mesin V8, namun sejumlah 30 ribu unit saja. Produksi dari mesin ini hanya untuk menutup kuota penggunaan produk Toyota yang dibuat di Amerika Serikat saja. Untuk kedepannya, fasilitas pembuatan mesin di Amerika Serikat ini akan membuat mesin baru Toyota, yaitu mesin V6 twin turbo.

Hal yang serupa juga dilakukan oleh pabrik Toyota di Jepang. Pabrik Toyota di Jepang juga akan menghentikan produksi mesin ini, namun mesin ini masih akan diproduksi terbatas di Jepang untuk 2 sampai tiga tahun ke depan. Setelah produksi mesin V8, produksi mesin sepenuhnya akan digantikan dengan mesin V6 Twin Turbo.

Untuk mobil-mobil Toyota selanjutnya, Toyota akan menggunakan mesin V6 twin turbo yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Kondisi ini selaras dengan kemunculan Toyota Tundra generasi selanjutnya yang akan menggunakan platform TNGA-F. Toyota Tundra akan menggunakan mesin V6 twin turbo dan hybrid sebagai model yang tertinggi. Rencananya, Toyota Tundra berplatform TNGA-F ini akan diluncurkan pada Desember 2021 mendatang. Hal ini pun juga sejalan dengan rumor Land Cruiser selanjutnya yang tidak lagi menggunakan mesin V8.

Baca Juga : Daftar Harga Mobil Listrik Mei 2020, Segini yang Paling Murah

Meskipun Toyota tidak akan mengunakan mesin berjenis V8 di berbagai lini produknya, mesin ini kemungkinan besar masih dibgunakan oleh anak perusahaan mobil mewah Toyota, yaitu Lexus. Pada mobil Lexus sendiri, mesin V8 ini bisa digunakan pada model Lexus LC-F. Lexus LC-F merupakan mobil sport mewah kepunyaan Lexus yang memiliki kekuatan layaknya mobil sport Ferrari. Pergantian mesin Toyota tentunya tidak berlangsung dengan cepat. Setidaknya hal ini membutuhkan adaptasi beberapa tahun sebelum seluruh mesin V8 tidak digunakan lagi.


Kembali ke atas