Toyota Fortuner Kini Hadir dengan Mesin Mild Hybrid

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadir dengan Mesin Mild Hybrid

momobil.id – Toyota resmi memperkenalkan Fortuner bermesin mild hybrid di Afrika Selatan bersamaan dengan Hilux Hybrid dengan teknologi serupa. SUV Toyota ini mendapatkan teknologi hybrid ringan dengan baterai 48V.

Penampilan dari Toyota Fortuner Hybrid serupa dengan Fortuner Legender yang dijual di Thailand. Ciri khas mobil SUV ladder frame hybrid ini terdapat pada logo 48V yang terletak di bagian pintu bagasi belakang. Tepatnya, di bawah lampu dan emblem mesin “2.8 GD6”.

Agar tampilan Fortuner hybrid semakin gagah, Toyota Afrika Selatan juga memberikan sejumlah pilihan aksesoris. Aksesoris yang disediakan berupa roof rack, body side molding dengan aksen silver, serta nudge bar dengan material stainless steel.

Spesifikasi Mesin Mild Hybrid

Fortuner Mild Hybrid mengandalkan mesin turbo-diesel 4 silinder berkapasitas 2.755 cc yang mampu menghasilkan tenaga 240 PS pada 3.400 RPM dan torsi 500 Nm pada 1.600-2.800 RPM. Mesin ini sudah memenuhi standar EURO 6D. Tenaga dari mesin diselurkan ke pilihan penggerak roda belakang atau 4×4 lewat transmisi otomatis 6-percepatan.

Mesin turbo diesel 2,8 liter dikombinasikan dengan generator motor serta baterai lithium-ion 48V berdaya 16 PS dengan torsi 65 Nm. Generator motor digerakkan oleh mesin diesel menggunakan sistem sabuk, yang kemudian mengisi baterai. Mesin diesel yang diusung oleh Fortuner telah dimodifikasi agar dapat menyesuaikan dengan sistem hybrid.

Layaknya sistem hybrid Toyota, pengisian daya baterai dilakukan ketika mobil melakukan pengereman. Baterai mampu mengirimkan tenaga ke mesin diesel melalui generator untuk meningkatkan efisiensi, tenaga, dan akselerasi. Toyota mengklaim bahwa Fortuner versi hybrid ini memiliki efisiensi bahan bakar 5% lebih baik ketimbang varian bermesin konvensional.

Fortuner mild-hybrid juga dilengkapi dengan sistem stop-start yang ditingkatkan. Hal ini memungkinkan mesin mati dalam jangka waktu yang lebih lama ketika berhenti. Adanya sistem stop-start yang ditingkatkan ini juga membuat respons throttle lebih cepat dalam keadaan diam, serta mesin yang lebih senyap ketika dihidupkan kembali.

Sebagai SUV ladder frame yang bisa diajak melibas segala medan, Fortuner Mild Hybrid dibekali dengan sistem 48V yang tangguh. Sistem hybrid pada Fortuner mampu menembus genangan air hingga kedalaman 700 mm berkat baterai dan konverter DC-DC kedap air, sistem anti selip baru, serta penguatan pada katrol dan sabuk generator motor terhadap air.

Baca Juga: Toyota Rush GR Sport 2024 Resmi Meluncur, Ini Ubahannya

Fitur dan Harga

Fortuner Mild Hybrid dilengkapi dengan sejumlah fitur standar. Diantaranya, sistem infotainment dengan layar sentuh berukuran 8 inci, kompabilitas smartphone, port USB, Bluetooth, dan sistem audio dengan 11 speaker.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa teknologi ADAS Toyota Safety Sense, 7 buah airbag, immobilizer, alarm, penguncian pintu nirkabel, Active Traction Control, Pre-Crash System, hingga sensor pemecah kaca ultrasonik.

Toyota Fortuner Hybrid 48V sudah mulai dijual di Afrika Selatan. Mobil SUV ini dibanderol R834.800 atau setara dengan Rp709 jutaan untuk tipe terendah 2.8 GD-6 RB 6-AT MHEV. Sementara tipe tertinggi 2.8 GD-6 4×4 VX 6-AT MHEV dijual dengan harga R972.300 atau Rp826 jutaan.

Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 435.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 215.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 235.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 210.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 305.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 450.000.000

Individu

ROKAN HULU


Kembali ke atas