Toyota Perkenalkan GR Yaris Pakai Mesin Hidrogen

Ditulis oleh : admin | 8 December 2021

Toyota Perkenalkan GR Yaris Pakai Mesin Hidrogen

momobil.id – Jenis kendaraan ramah lingkungan tidak hanya mobil listrik dan mobil hybrid. Selain menggunakan baterai, produsen mobil jaman sekarang sedang merancang mesin dengan bahan bakar hidrogen. Toyota selaku produsen mobil asal Jepang sangat optimis untuk pengembangan mobil dengan bahan bakar hidrogen ini. Sebagai buktinya, Toyota memperkenalkan Toyota GR Yaris bertenaga hidrogen. Hatchback bertenaga ini mempunyai performa mesin yang handal, sehingga Toyota menghadirkan versi ramah lingkungannya.

Toyota GR Yaris versi hidrogen ini menggunakan mesin yang sama dengan GR Yaris standar, yaitu mesin G16E-GTS, 3 silinder, turbocharged berkapasitas 1.600cc. Namun, pasokan bahan bakar dan sistem injeksi dimodifikasi untuk menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar utamanya. Mengenai teknologi dari GR Yaris versi hidrogen, belum ada detail resmi mengenai sistem mesin konvensional yang dikonversi menjadi bahan bakar hidrogen. Namun, jika dilihat lewat sketsa yang beredar, GR Yaris versi hidrogen ini memiliki ventilasi pada jendela belakang. Hal ini menunjukkan bahwa mobil ini akan menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar utamanya.

Teknologi mesin pembakaran hidrogen ini masih dalam tahap awal pengembangan konseptual dan eksperimen, serta belum siap untuk dikomersialisasi. Sebelumnya, Toyota juga pernah memperkenalkan Corolla Sport dengan teknologi hidrogen. Corolla Sport bertenaga hidrogen pernah diuji dalam ajang balap Super Taikyu di Jepang pada Mei lalu.

Baca Juga: Melihat Toyota Yaris GR, Mobil Tiga Silinder dengan Spesifikasi Balap

“Kami telah mengambil langkah pertama untuk bersaing dengan dan mengembangkan mesin bertenaga hidrogen kami dengan pola pikir menghadapi tantangan. Saya membayangkan segalanya akan terlihat sedikit berbeda 10 tahun dari sekarang, dan saya berharap orang-orang akan melihat ke belakang dan melihat bagaimana kami menerima tantangan dengan positif dan menikmati setiap momennya,” kata Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation dilansir dari detikOto.

Proses pembakaran dari hidrogen sendiri lebih cepat dibanding dengan bensin. Dengan teknologi bahan bakar hidrogen, responsivitas yang dihasilkan oleh mesin menjadi lebih baik dan ramah lingkungan. Bahan bakar yang ramah lingkungan ini juga memiliki potensi untuk menyampaikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Untuk sementara, kendaraan berbahan bakar hidrogen hanya akan menjadi prototipe. Namun bukan tidak mungkin Toyota akan menghadirkan kendaraan bermesin konvensional dengan bahan bakar hidrogen untuk kedepannya.

Sumber gambar: Toyota

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas