Laris Manis, Toyota Bersiap Merancang Innova Bermesin Hybrid di India

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi | 8 August 2019

Laris Manis, Toyota Bersiap Merancang Innova Bermesin Hybrid di India

momobil.id – Dalam rangka mengembangkan teknologi hybrid pada mobil guna mengurangi emisi global dan menciptakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, Toyota disebut siap merancang Innova seri terbaru dengan mesin hybrid.

Merujuk ke laman IndianAutoBlog, Toyota sedang mencoba memperkenalkan kendaraan yang lebih bersih dan lebih hijau di pasar otomotif India, termasuk rencana untuk mengganti mesin diesel dengan model hybrid.

Untuk di Indonesia, Toyota Innova sebagian besar lebih disukai dengan mesin diesel. Namun, belakangan di India dikeluarkan Undang-undang terbaru mengenai emisi BS-VI, dan mulai efektif di India pada April 2020 dalam rangka menyikapi ditetapkannya CAFE (Corporate Average Fuel Efficiency/Economy) pada tahun 2022 dan Real Driving Emissions (RDE) pada tahun 2023. Dengan dikeluarkannya Undang-undang tersebut, akan sangat sulit mempertahankan mesin diesel di India.

Baca Juga: Tesla Model 3 Siap Mengaspal di Indonesia, Berapa Harganya?

Toyota Innova sendiri merupakan salah satu mobil terlaris di India. Penjualan bulanan Innova mencapai rata-rata 6.000 unit. Namun, penjualan Toyota Innova turun enam persen menjadi 74.137 di FY19 karena perlambatan auto-market.

Sementara itu, belum jelas apakah Toyota Innova Hybrid ini akan masuk ke pasar otomotif Indonesia atau tidak. Mengingat belum adanya regulasi dan undang-undang yang jelas dari pemerintah mengenai emisi dan teknologi kendaran hybrid.

Adapun pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, penjualan Innova menempati peringkat kedua dengan pemesanan sebanyak 1.091 unit. Jumlah tersebut mengalahkan pemesanan Rush (1.046 unit), Calya (1.022 unit), dan Fortuner (618 unit). Jumlah SPK Innova selama GIIAS 2019 hanya kalah dari Avanza yang membukukan pemesanan sebanyak 1.310 unit.

Sumber gambar: IndianaAuto


Kembali ke atas