Toyota Kembangkan Baterai Mobil Listrik, Hanya 10 Menit Bisa Terisi Penuh

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 December 2020

Toyota Kembangkan Baterai Mobil Listrik, Hanya 10 Menit Bisa Terisi Penuh

momobil.id – Di tengah menanjaknya tren kendaraan listrik, Toyota kabarnya tengah mengembangkan teknologi baterai mobil listrik yang bisa diisi ulang penuh dalam waktu sepuluh menit.

Selain bisa diisi ulang hingga penuh dalam waktu singkat, baterai ini juga diklaim mampu menempuh jarak hingga 500 km. Seperti dilansir Detik.com, Toyota disebut-sebut akan segera merilis mobil listrik terbarunya tahun depan. Mobil listrik Toyota ini diklaim bakal menggunakan baterai dengan teknologi yang canggih.

Laporan dari Asia Nikkei mengatakan bahwa baterai baru ini memungkinkan mobil listrik menjangkau jarak 500 km, dengan pengisian ulang daya hanya dalam 10 menit.

Jika itu benar terealisasi, maka teknologi baterai Toyota ini berpotensi mengatasi semua masalah yang dihadapi kendaraan listrik, terkait dengan jarak tempuh yang relatif pendek dan waktu pengisian yang cukup lama.

Teknologi baterai bernama solid-state itu sebenarnya bukan barang baru. Sebab Toyota sudah mengerjakan proyek ini sejak tahun 2017 silam. Baterai solid-state bisa menjadi alternatif bagi baterai konvensional lithium-ion yang menggunakan elektrolit aqueous.

Baca juga: Sekali Isi Baterai, Lexus UX 300e Bisa Tempuh Perjalanan Hingga 300 Km

Baterai solid-state juga diklaim memiliki arsitektur yang kompak, sehingga tidak akan memenuhi kabin mobil. Lebih dari itu, teknologi baterai ini juga dikatakan sangat aman dan minim risiko kebakaran.

Toyota sendiri sudah mengumumkan jika ia akan segera merilis mobil listrik full baterai pertamanya dengan platform SUV. Kemungkinan besar, mobil ini menggunakan teknologi baterai solid-state terbaru itu.

Adapun di Indonesia, Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu mengumumkan akan segera mengenalkan Coms sebagai mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) ke Indonesia.

Mengutip laman Toyota Eropa, Coms merupakan produksi Toyota Auto Body, pengembangan dan produksi dilakukan di Jepang. Toyota Coms lahir untuk penggunaan aktivitas dalam kota. Jarak tempuhnya pun tidak jauh, hanya sekitar 50 kilometer dengan kecepatan tertinggi yang dibatasi hanya 60 km/jam. Sementara pengisian dari titik nol hingga 100 persen penuh memakan waktu sekitar enam jam.

Dengan bekal spesifikasi di atas, Coms bisa dikatakan sebagai kendaraan ringkas yang cocok untuk jarak pendek. Seperti dikutip dari Detik.com, tahun depan COMS baru bisa dinikmati di Eco Tourism, Nusa Dua, Bali. Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmy Suwandy belum menjelaskan apakah mobil ini akan segera dijual secara umum.


Kembali ke atas