Toyota Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 November 2022

Toyota Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur di Indonesia

momobil.id – PT Toyota Astra Motor akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix dan Kijang Innova Zenix Hybrid di Indonesia. Generasi ke-7 dari Toyota Kijang ini hadir dengan eksterior bergaya crossover, serta fitur, mesin, dan platform yang berubah total.

Kijang Innova Zenix hadir dengan konsep “Innovative Multi-Purpose Crossover“. Toyota bertujuan untuk mengembangkan sebuah crossover yang serbaguna dengan ruang lega serta fungsionalitas sebuah minivan. Generasi ketujuh dari Kijang ini menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) atau lebih tepatnya TNGA: GA-C dengan struktur monokok.

Tampilan Eksterior

Tampak Belakang Innova Zenix
Tampak Belakang Innova Zenix

Dari segi eksterior, Kijang Innova Zenix kini menggunakan tampilan dan postur ala sebuah crossover. Pada bagian depan, terdapat lampu utama dengan desain lebih tipis berteknologi LED. Bentuk grille dari mobil ini juga terlihat baru dengan bentuk segi enam dan berukuran lebih besar.

Beralih ke bagian samping, terlihat profil desain yang kokoh dan tegas. bagian pilar A kini lebih tegak. Sementara overhang depan dan bagian belakang kini lebih pendek dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk bagian bawah, Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan velg alloy 18 inci untuk tipe Q HV, 17 inci untuk tipe V, sementara tipe G menggunakan velg 16 inci.

Beralih ke bagian belakang, sudut pilar D pada Innova Zenix kini lebih landai serta diperkuat oleh diffuser dan spoiler. Lampu belakang Innova kini lebih sipit dan tajam. Mobil ini memiliki panjang 4.755 mm dengan jarak sumbu roda 2.850 mm.

Interior

Interior Kijang Innova Zenix

Pada bagian interior, Kijang Innova hadir dengan interior berwarna hitam berbalut kulit sintetis pada tipe Q HV. Sementara varian dibawahnya menggunakan material fabric pada varian G, G HV, dan V, dan fabric emboss pada varian V HV. Pada bagian instrumen kluster, Innova Zenix menggunakan layar MID 7 inci pada varian Hybrid, sementara model bensin menggunakan layar 4,2 inci. Untuk setir, varian Q Hybrid sudah disematkan tombol untuk mengoperasikan TSS (Toyota Safety Sense), cruise control, dan display.

Beralih ke bagian dashboard, Innova tipe Q dan V hadir dengan layar audio berukuran 10 inci, sementara tipe G menggunakan layar berukuran 9 inci. Layar sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, WiFi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking. Khusus varian Q dilengkapi dengan Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection berukuran 10 inci pada baris kedua.

Baca Juga: Kijang Innova Mesin Diesel Bakal Stop Produksi, Ini Ubahan Spesifikasinya dari Generasi ke Generasi

Fitur

Untuk fitur sendiri, Innova Zenix sudah cukup lengkap. Mobil ini hadir dengan Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Start Stop Button + Smart Entry, wireless charger untuk model Q HV, serta 4 USB C slot. Toyota juga menyematkan Digital Auto AC Dual Zone pada seluruh model Innova Zenix.

Untuk tipe Q HV dilengkapi dengan captain seat, jok ottoman electric recline, power back door dengan Voice Command untuk membuka bagasi, serta Panoramic View Monitor dan DVR. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Panoramic Sunroof untuk varian V HV dan Q HV.

Soal fitur keselamatan, tipe Q HV dilengkapi dengan 6 airbag, sementara tipe di bawah Q HV memiliki dual airbag. Fitur lain pada Kijang Innova Zenix di seluruh varian antara lain rem cakram ABS + EBD + BA, sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist.

Khusus Varian Q HV (Hybrid) dibekali dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Fitur tersebut antara lain Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

Spesifikasi Mesin Kijang Innova Zenix

Kijang Innova Zenix hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin TNGA 2.0 liter berkode M20A-FKS dan mesin dengan sistem HEV generasi ke-5 berkode M20A-FXS.

Mesin TNGA 2.0 liter 4 silinder dual VVT-i milik Kijang Innova Zenix mampu menghasilkan tenaga sebesar 174 PS pada 6.600 RPM dan torsi maksimal 204,9 Nm. Jika dibandingkan dengan mesin bensin Innova generasi sebelumnya, Innova Zenix memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar.

Untuk varian hybrid, mesin TNGA 2.0 liter hybrid mampu menghasilkan tenaga sebesar 152 PS pada 6.000 RPM dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400 RPM – 5.200 RPM. Mesin ini dikawinkan dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Jika digabungkan, maka mesin dan motor listrik mampu menghasilkan tenaga sebesar 186 PS. Untuk menggerakan motor listriknya, Kijang Innova Zenix Hybrid hadir dengan baterai Ni-MH yang tersimpan dibawah kedua jok depan.

Seluruh varian Kijang Innova Zenix, baik varian bensin dan hybrid, dibekali dengan transmisi CVT berkode K120 dan penggerak roda depan (FWD). Mobil ini juga hadir dengan mode Sequential Shiftmatic 10-speed yang memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Untuk mode hybrid, Innova Zenix dilengkapi dengan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.

Harga Kijang Innova Zenix

Di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix hadir dalam 5 pilihan warna, yaitu Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metalic, Attitude Black, dan Dark Steel Metalic.

Soal varian, Kijang Innova Zenix hadir dalam 7 pilihan tipe, yaitu G, V, G HV, V HV, dan Q HV. Berikut daftar harga dari Kijang Innova Zenix di Indonesia.

  • G CVT = Rp419.000.000
  • V CVT = Rp467.000.000
  • G HV G CVT = Rp458.000.000
  • V HV CVT = Rp522.150.000
  • V HV CVT Modelista = Rp532.000.000
  • Q HV CVT TSS = Rp601.150.000
  • Q HV CVT TSS Modelista = Rp611.000.000

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas