Toyota Land Cruiser 250 Series Debut Global, Ini Spesifikasinya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 August 2023

Toyota Land Cruiser 250 Series Debut Global, Ini Spesifikasinya

momobil.id – Toyota resmi meluncurkan Toyota Land Cruiser 250 Series. Mobil yang juga dikenal dengan Land Cruiser Prado ini mengalami perubahan desain setelah model sebelumnya melenggang selama 14 tahun. Kini, Land Cruiser 250 Series hadir dengan desain retro, serta pilihan mesin hybrid.

Mengutip dari Toyota Global, SUV barunya itu akan dipasarkan dalam beberapa nama. Di negara asalnya, Jepang, mobil ini akan dijual dengan nama Land Cruiser 250. Untuk pasar Amerika Utara akan menyandang nama Land Cruiser. Sedangkan untuk beberapa pasar di negara lain akan dinamai Land Cruiser Prado.

Land Cruiser 250 kini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-F. Platform tersebut juga digunakan oleh Land Cruiser 300, Lexus GX, serta Lexus LX dan diklaim lebih rigid 50% dibandingkan model sebelumnya.

Desain Exterior Retro

Bagian Belakang Land Cruiser 250 Series
Bagian Belakang Land Cruiser 250 Series

Toyota Land Cruiser 250 Series mengusung tampilan eksterior yang mirip dengan Lexus GX. SUV Toyota ini memiliki bentuk bodi mengotak dengan nuansa retro yang diambil dari bahasa desain Land Cruiser lawas.

Pada bagian depan, Land Cruiser 250 Series mengusung desain kap mesin yang tegak. Fasia depan dari 250 Series hadir dengan dua pilihan model. Model pertama mengusung lampu utama membulat dengan lampu sen pada bagian samping, terinspirasi dari land Cruiser 70 Series. Sementara model kedua menggunakan lampu utama lebih modern berbentuk persegi panjang. Kedua model mendapatkan grill persegi panjang dengan emblem “Toyota”, skid plate, serta spion yang sama.

Beralih ke bagian samping, Land Cruiser 20 Series tampak kekar dengan lengkungan roda yang besar dan mengotak, pilar C yang cukup tebal, serta penggunaan roof rail pada versi klasik. Bagian belakangnya memiliki desain lampu belakang mengotak dan skid plate yang tampak kokoh.

Secara dimensi, Land Cruiser 250 Series memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Mobil SUV Toyota ini hadir dengan panjang 4.925 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.870 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, generasi terbaru lebih panjang 100 mm, lebih lebar 95 mm, lebih tinggi 20 mm, dan memiliki jarak sumbu roda lebih panjang 60 mm.

Interior dan Fitur

Bahasa desain “boxy” juga masuk hingga ke bagian interior. Mobil ini memiliki dashboard yang modern dengan layar infotainment besar pada bagian tengah. Pada bagian sisi pengemudi terdapat beberapa kontrol yang mudah diakses dan digunakan. Berbeda dengan mobil saat ini, Land Cruiser 250 masih dilengkapi dengan tombol dan knob untuk sejumlah sistem seperti AC 3 zona, pemutaran media, sistem penggerak empat roda, serta mode penggerak.

Secara keseluruhan, kabin Land Cruiser 250 Series memiliki visibilitas yang lebih baik berkat cowl set lebih rendah. Sementara dari segi fitur keselamatan, Land Cruiser 250 Series dilengkapi dengan Toyota Safety Sense dengan berbagai fitur driver assistance sebagai standar.

Pada bagian kaki-kaki, Land Cruiser 250 Series dilengkapi suspensi dasar dengan artikulasi roda yang lebih baik. Fitur lain yang disematkan pada mobil ini antara lain Electric Power Steering, Stabilizer Disconnect Mechanism (SDM) yang menghadirkan kenyamanan berkendara saat off-road, Multi Terrain Monitor, dan Multi Terrain Select.

Interior Land Cruiser 250 Series
Interior Land Cruiser 250 Series

Baca Juga: Khann Rilis Kit Baru untuk Land Cruiser 300, Makin Ganteng

Lima Pilihan Mesin

Toyota mengumumkan Land Cruiser 250 Series dibekali dengan lima pilihan mesin. Opsi mesin yang dihadirkan termasuk satu mesin bensin hybrid dan satu mesin diesel hybrid. Kelima mesin yang ditawarkan merupakan mesin empat silinder.

Untuk pasar Amerika Utara dan China, Land Cruiser 250 Series mengandalkan mesin bensin hybrid i-Force berkapasitas 2,4 liter turbocharged. Mesin dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai berkapasitas 1,87 kWh. Daya yang dihasilkan dari mesin bensin hybrid mencapai 326 hp dengan torsi 630 Nm dan disalurkan lewat transmisi Direct Shift-8AT.

Land Cruiser 250 Series untuk pasar Eropa Timur dan Timur Tengah ditenagai mesin 2,4 liter non-hybrid berkode T24A-FTS. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 278 hp dengan torsi 430 Nm. Tenaga disalurkan lewat transmisi Direct Shift-8AT.

Pasar Eropa Barat dan Australia akan mendapatkan pilihan mesin turbo diesel 1GD-FTV berkapasitas 2,8 liter dengan sistem mild hybrid 48 volt. Mesin diesel mild hybrid yang dikawinkan dengan transmisi otomatis Direct Shift-8AT mampu mengeluarkan daya sebesar 204 hp dan torsi 500 Nm.

Toyota juga memberikan pilihan mesin turbo diesel 1GD-FTV berkapasitas 2,8 liter tanpa sistem mild hybrid yang mampu menghasilkan tenaga 201 hp dan torsi 500 Nm.

Untuk pasar Eropa Timur, Jepang, Timur Tengah, dan beberapa negara tertentu, Toyota juga menghadirkan mesin bensin 4 silinder 2TR-FE berkapasitas 2,7 liter. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi 6 Super-ECT dan mampu menghasilkan tenaga 161 hp serta torsi 246 Nm.

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 225.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 355.000.000

Individu

JEMBER

Rp 180.000.000

Individu

JEMBER

Rp 525.000.000

Individu

BOGOR


Kembali ke atas