Toyota Manipulasi Uji Mesin Diesel, Ini Mobil yang Terdampak

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 30 January 2024

Toyota Manipulasi Uji Mesin Diesel, Ini Mobil yang Terdampak

momobil.id – Setelah skandal uji keselamatan yang dialami oleh Daihatsu, kini grup Toyota kembali mengalami masalah baru. Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang mengumumkan adanya laporan baru dari komite investigasi terkait potensi penyimpangan pada uji sertifikasi mesin diesel Toyota. Ada sejumlah mobil Toyota yang terdampak hal ini.

“Penyelidikan menemukan bahwa kejanggalan terjadi selama pengujian output horsepower untuk sertifikasi tiga model mesin diesel untuk mobil yang ditugaskan Toyota ke TICO. Selama pengujian sertifikasi, kinerja output horsepower mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal sehingga hasilnya dapat diukur untuk membuat nilai tampak lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit,” tulis Toyota dalam keterangan resminya pada Senin (29/1).

Pengembangan dari mesin diesel Toyota sendiri dilakukan oleh Toyota Industries Corporation (TICO). Inti dari skandal ini adalah pengujian kinerja output mesin menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dengan unit produksi masal. Sehingga nilai yang dihasilkan tampak lebih halus dengan variabel lebih sedikit.

Setidaknya ada 3 jenis mesin diesel pada 10 model yang terdampak dalam skandal uji sertifikasi mesin diesel tersebut. Jenis mesin diesel yang terkena dampaknya adalah mesin 1GD-FTV 2.800 cc, 2GD-FTV 2.400 cc, dan F33A-FTV 3.300 cc V6. Toyota Fortuner bermesin 1GD-FTV yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) termasuk ke dalam mobil yang terdampak uji mesin ini.

Sebagai dampaknya, TICO menghentikan sementara pengiriman tiga jenis mesin diesel yang disebutkan. Selain itu, distribusi pengiriman unit mobil Toyota yang terlibat skandal juga dihentikan untuk sementara waktu. TICO mengatakan bahwa pihaknya sudah menjual 84.000 unit mesin yang terkena dampak hingga 31 Maret 2023.

Baca Juga: Masalah Uji Keselamatan, Daihatsu Hentikan Pengiriman Mobil Ini

Mobil yang Terdampak Skandal Manipulasi Uji Sertifikasi Mesin Diesel Toyota

Berikut ini merupakan sejumlah mesin dan mobil yang terdampak skandal uji sertifikasi mesin diesel berdasarkan data dari Toyota Global.

1. Mesin 1GD

  • Land Cruiser Prado (2020) – Toyota Motor Corporation, Hino Motors Ltd.
  • Hiace / Grance / Bongo Brawny Van (2017) – Toyota Auto Body Co., Ltd., Gifu Auto Body Co., Ltd., Toyota Auto Body Co. Ltd. Thailand
  • Dyna / Hino Dutro (2021) – Hino Motors Ltd.
  • Hilux (2020) – Toyota Motor Thailand Co. Ltd., Toyota South Africa Motors (Pty) Ltd., Toyota Kirloskar Motor Private Ltd.
  • Fortuner (2020) – Toyota Motor Thailand Co. Ltd., PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Toyota Kirloskar Motor Private Ltd.

2. Mesin 2GD

  • Hilux (2020) – Toyota Motor Thailand Co. Ltd.
  • Innova (2020) – Toyota Kirloskar Motor Private Ltd.

3. Mesin F33A

  • Land Cruiser 300 (2021) – Toyota Auto Body Co. Ltd.
  • LX500d (2022) – Toyota Auto Body Co. Ltd.

Bagaimana dengan Toyota Indonesia

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Direktur TMMIN, Bob Azam mengatakan bahwa mobil Toyota bermesin diesel yang dijual di Indonesia tidak terkena dampak dari isu uji mesin tersebut.

“Sehubungan dengan informasi mengenai kekurangtepatan prosedur sertifikasi 3 mesin model Toyota oleh Toyota Industries Corporation yang diumumkan pada tanggal 29 Januari 2024, kami menyampaikan bahwa isu ini tidak berdampak pada model-model kendaraan Toyota di Indonesia,” ungkap Bob dilansir dari detikOto.

TMMIN mengklaim bahwa skandal tersebut tidak berdampak pada mobil yang dipasarkan untuk pasar domestik dan tidak berkaitan dengan aspek keamanan dan emisi yang dihasilkan oleh kendaraan. Unit yang terdampak merupakan unit ekspor, salah satunya untuk pasar Amerika Selatan.

mobil terkait

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 190.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 100.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas