Toyota Perkenalkan All New Crown Sedan, Ada Varian FCEV

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 4 November 2023

Toyota Perkenalkan All New Crown Sedan, Ada Varian FCEV

momobil.id – Toyota Motor Corporation resmi memperkenalkan All New Crown Sedan. Generasi ke-16 dari sedan mewah tersebut dijadwalkan untuk meluncur pada 13 November mendatang. Kini, Toyota sudah mulai membuka keran pemesanan Crown terbaru di Jepang.

Toyota Crown sendiri merupakan salah satu model tertua milik Toyota yang pertama kali debut pada tahun 1955. Generasi terbaru dari Crown diperkenalkan pada tahun 2022 lalu dan hadir dalam empat varian bodi, yakni sedan, crossover, sport dan SUV. Crown Sedan melengkapi lini Toyota Crown yang sudah meluncur, yakni Crown Crossover dan Crown Sport.

Desain Eksterior Toyota Crown

Toyota All New Crown Sedan hadir dengan desain yang berbeda dibandingkan dengan mobil sedan pada umumnya. Mobil ini merepresentasikan “new formal” sedan dengan penggerak roda belakang, serta garis desain yang baru dan lebih elegan. Bagian depan dari Toyota Crown memiliki bahasa desain “Hammerhead” yang dikombinasikan dengan grill trapezoid besar bermotif garis vertikal.

Beralih ke bagian samping, Toyota Crown terbaru hadir dengan bodi berbentuk fast back dengan panjang wheelbase 3.000 mm. Sementara pada bagian belakang, Crown Sedan menggunakan lampu belakang memanjang secara horizontal dan mengambarkan sebuah mobil sedan yang lebar.

Interior Mewah

Interior dari Crown sedan menggunakan bahasa desain “Island Architecture” dengan wood-grain panel yang melintang dari bagian dashboard hingga panel pintu depan. Toyota Crown generasi ke-16 ini memiliki kabin yang lebih lapang dengan pilihan dua warna, yaitu coklat dan hitam. Mobil ini juga disematkan ambient light yang mendukung 64 warna dan ditempatkan di kedua ujung panel instrumen, ruang kaki kursi depan, serta trim pintu belakang.

Baca Juga: Spesifikasi Toyota Crown Sport, SUV Baru Toyota

Tersedia Varian FCEV dan HEV

Toyota Crown Sedan dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni FCEV dan HEV. Crown Sedan FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) menggunakan bahan bakar hidrogen dan tidak menghasilkan kadar CO2 ketika mobil sedang beroperasi. Mobil ini menggunakan sistem FC 2nd generation yang juga disematkan pada Toyota Mirai. Sistem ini menggunakan tiga tangki hidrogen bertekanan tinggi dan sel-sel bahan bakar.

Crown Sedan FCEV mampu menempuh jarak hingga 820 km ketika ketiga tangki terisi penuh dalam proses yang memakan waktu 3 menit. Tangki tersebut juga bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya peralatan rumah.

Selain mesin FCEV, Crown Sedan juga dibekali pilihan mesin berkapasitas 2,5 liter dengan sistem hybrid multi-stage. Sistem ini mengandalkan stepped gears dan dua motor listrik. Baik mesin FCEV maupun HEV dapat memungkinkan pengguna menggunakan peralatan listrik melalui dua stop kontak dalam kendraan (AC100V 1500W).

Harga Toyota Crown Sedan

Di Jepang, Toyota Crown Sedan dijual mulai dari 7.300.000 yen untuk tipe Z HEV atau setara dengan Rp768,9 juta. Sementara varian Z FCEV dibanderol 8.300.000 yen atau setara dengan Rp874,3 juta. Toyota Crown Sedan diproduksi di Motomachi Plant, Toyota Motor Corporation dengan angka 600 unit per bulan di pasar Jepang.

Sumber gambar: Toyota Motor Corporation

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 100.000.000

Individu

JEMBER

Rp 189.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 237.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 123.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 165.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas