Toyota Persiapkan GR Yaris Bertransmisi Otomatis

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 March 2022

Toyota Persiapkan GR Yaris Bertransmisi Otomatis

momobil.id – Toyota GR Yaris merupakan salah satu mobil yang menjadi perbincangan di seluruh dunia. Berkat desain yang sporty serta mesin yang bertenaga, mobil ini kerap digemari oleh masyarakat. Namun, kabarnya Toyota akan mempersiapkan GR Yaris dengan transmisi baru, yaitu transmisi otomatis.

Hot hatch asal Jepang ini hanya hadir dengan 1 pilihan transmisi, yaitu manual 6 percepatan. Tujuan hanya dihadirkan 1 pilihan transmisi bukan tak lain untuk performa. Transmisi manual digabung dengan mesin G16E-GTS 3 silinder DOHC Turbocharger berkapasitas 1.600cc. Namun, akhir-akhir ini Toyota akan mengembangkan transmisi otomatis 8 percepatan pada GR Yaris. GR Yaris bertransmisi otomatis ini hadir dalam bentuk prototype dalam ajang Gazoo Rally Racing di Jepang. Mobil prototype hot hatch ini sempat dikendarai di lintasan reli oleh salah satu petinggi Toyota bernama Shigeru Hayakawa.

Baca Juga: Toyota Perkenalkan GR Yaris Pakai Mesin Hidrogen

Secara tampilan, Toyota GR Yaris bertransmisi matik tidak jauh berbeda dengan transmisi manual. Perbedaan yang paling kentara terdapat pada bagian depan, di mana intake mobil dibuat lebih besar ketimbang versi manual. Dengan intake yang dibuat lebih besar, aliran udara untuk mendinginkan pendingin oli akan semakin besar. Tidak hanya transmisi baru, GR Yaris otomatis juga rencananya akan diberi paddle shifter di balik lingkar kemudinya. Adanya shifter dapat mempermudah pengemudi memindah girboks menjadi transmisi manual.

Toyota mengatakan bahwa ubahan pada GR Yaris matik ditujukan tidak hanya untuk efisiensi bahan bakar. Mobil ini juga diharapkan dapat memunculkan sensasi berkendara yang sporty dengan perpindahan gigi yang cepat. Mengingat mobil ini menggunakan transmisi otomatis konvensional dengan paddle shift. Meskipun demikian, Toyota belum menginformasikan kapan versi otomatis dirilis, sebab mobil ini masih dalam tahap pengembangan.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 335.442.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 313.442.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 325.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas