Toyota Prius 2023 Debut Global, Ada Varian HEV dan PHEV

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 November 2022

Toyota Prius 2023 Debut Global, Ada Varian HEV dan PHEV

momobil.id – Toyota resmi memperkenalkan All New Prius 2023 pada Rabu (16/11). Generasi ke-5 dari Toyota Prius hadir dengan eksterior mirip bZ Series, namun masih mempertahankan desain khas Prius generasi sebelumnya.

Toyota Prius generasi ke-5 dibuat lebih dinamis dan lega dibandingkan dengan mode sebelumnya. Berbeda dengan mobil hybrid dan listrik Toyota lain yang menggunakan e-TNGA (Toyota New Global Architecture), mobil ini menggunakan TNGA generasi kedua. Platform terbaru diklaim mampu meningkatkan rigiditas dan stabilitas mobil saat berkendara.

Tampilan Toyota Prius Generasi ke-5

Secara keseluruhan, tampilan dari Toyota Prius 2023 tampak mengambil elemen desain dari Prius generasi sebelumnya. Pelopor mobil hybrid ini masih mempertahankan desain bodi liftback sejak generasi kedua.

Dilihat dari bagian depan, desain dari Prius terbaru mirip dengan lini mobil listrik Toyota bZ Series dengan bentuk hammerhead. Lampu bagian depan menggunakan teknologi LED, sementara lampu bagian belakang memakai LED bar yang memanjang. Bagian samping dari Prius dibekali dengan velg besar berukuran 19 inci.

Baca Juga: Ini Arti Nama bZ4X, Mobil Listrik Baru Toyota

Fitur dan Interior

Beralih ke bagian interior, Prius terbaru menggunakan konsep “island architecture“. Desain interior dari Prius diklaim mampu menciptakan lingkungan yang memberikan kesan lapang, serta meminimalisir stress. Kabin dari Prius dibalut dengan material kulit berwarna gelap. Detail jahitan juga bisa ditemukan pada Prius.

Prius generasi ke-5 sudah dilengkapi dengan panoramic view moonroof yang bisa dibuka agar kabin tampak lebih lapang. Mobil ini juga dibekali dengan layar infotainment berukuran 12,3 inci dan instrumen kluster serta setir yang mirip dengan bZ4X.

Prius terbaru juga dilengkapi dengan solar panel yang mampu menambah range hingga 1.250 km. Solar panel tersebut juga bisa digunakan untuk pengisian daya baterai dan fungsi lain pada kendaraan.

Layaknya mobil Toyota lain, Toyota Prius juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense. Mobil ini juga dibekali dengan fitur Advanced Park with Remote Function yang mampu memaju-mundurkan mobil lewat sebuah remot.

Spesifikasi Mesin Toyota Prius

Toyota Prius terbaru hadir dengan dua versi mesin, yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid (PHEV).

Varian PHEV dibekali dengan mesin 2.000 cc 4 silinder dengan motor listrik dan baterai. Gabungan dari mesin bensin dan baterai mampu menghasilkan tenaga sebesar 220 TK. Prius PHEV diklaim memiliki jarak mengemudi full electric (mode EV) 50% lebih jauh dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk varian hybrid, terdapat dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.800 cc atau 2.000 cc. Mesin 1.800 cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 PS, sementara mesin 2.000 cc nya menyemburkan tenaga 193 PS. Model hybrid tersedia dalam mode E-Four atau penggerak all-wheel-drive yang menawarkan performa dan stabilitas yang lebih baik.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas