Toyota Rangga Concept, Calon Mobil Komersial Multi Fungsi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 August 2023

Toyota Rangga Concept, Calon Mobil Komersial Multi Fungsi

momobil.id – Toyota memperkenalkan sebuah mobil konsep kendaraan multifungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelinya lewat Toyota Rangga Concept. Perkenalan mobil konsep berbentuk pick-up ini merupakan sebuah momen di mana Toyota Indonesia akan kembali fokus menggeluti segmen komersial.

Arti Nama Rangga

Nama Rangga diambil dari warisan budaya Indonesia yang terinspirasi dari bahasa Jawa “Ronggo” yang berarti pahlawan atau Ksatria. Dalam sejarah, Rangga dipercaya kuat dan tangguh.

Melalui nama Rangga, mobil konsep berbentuk pick-up ini diharapkan dapat menjadi pahlawan bagi pelaku usaha di Indonesia. Mobil ini diharapkan menjadi mobil niaga serbaguna yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Nama Rangga sendiri sebelumnya sudah dipakai pada salah satu tipe Toyota Kijang generasi ke-4 di tahun 1997 atau biasanya lebih dikenal dengan nama Kijang Kapsul.

Desain

Jika dilihat dari tampilannya, bentuk dari Rangga terlihat mengotak dan rigid. Mobil ini sekilas memiliki tampilan yang mirip dengan Toyota Kijang Pick-Up generasi pertama yang diluncurkan tahun 1977.

Pada bagian depan, Rangga Concept disematkan lampu berbentuk kotak dan bagian grille terlihat menyatu dengan emblem “TOYOTA” pada bagian tengah. Mobil ini mengusung tema dual-tone pada bagian eksterior, di mana bagian grille, atap, bumper, dan fender diberi cladding plastik berwarna hitam.

Sementara bagian belakang dari Rangga Concept bisa didesain sesuai dengan keinginan konsumennya. Pada pameran otomotif GIIAS 2023, Toyota memperlihatkan beberapa model konversi dari mobil konsep Rangga. Model konversi yang dipamerkan antara lain Rangga Concept Mobile Cafe, Rangga Concept Pace Car, Rangga Concept EV Mobile, dan Rangga Concept Ambulance.

Baca Juga: Melirik Harga dan Spesifikasi Toyota Alphard 2023 di Indonesia

Bocoran Versi Produksi Toyota Rangga Concept

Rangga Concept versi produksi kabarnya akan memiliki penampilan yang tidak jauh beda dengan versi konsepnya. Mobil ini akan diposisikan di bawah Hilux bensin yang sekarang dijual dengan harga hampir Rp300 jutaan. Toyota dikabarkan akan meluncurkan Rangga pada akhir tahun ini atau tahun 2024.

Soal dapur pacu, kabarnya Toyota Rangga akan menggunakan mesin yang saat ini digunakan oleh Toyota Hilux. Sebagai informasi, Toyota Hilux saat ini dibekali oleh dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 1TR-FE dan mesin diesel 2GD-FTV.

Mesin bensin 1TR-FE merupakan mesin 4 silinder dengan Dual VVT-i berkapasitas 2,0 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 139 PS dengan torsi 183,3 Nm. Sementara mesin diesel 2GD-FTV merupakan mesin berkapasitas 2,4 liter dengan VNT Intercooler. Mesin mampu menghasilkan daya sebesar 149,6 PS dan torsi 343,2 Nm.

Versi produksi dari Rangga Concept nantinya akan dijual dalam versi pick-up dan cab sasis kosongan. Mobil ini menggunakan platform yang sama seperti Fortuner, Innova, dan Hilux, yaitu Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV) dengan penggerak roda belakang.

Toyota juga akan bekerja sama dengan sejumlah karoseri yang dapat membantu memodifikasi mobil pick-up Rangga sesuai dengan permintaan konsumennya.

mobil terkait

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 190.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 100.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas