Toyota Voxy Kena Recall di Indonesia, Apa Masalahnya?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 14 April 2023

Toyota Voxy Kena Recall di Indonesia, Apa Masalahnya?

momobil.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall atau kampanye perbaikan gratis untuk Toyota Voxy di Indonesia. Recall ditujukan bagi Toyota Voxy keluaran tahun produksi Oktober 2021 hingga Juli 2022.

“Sejalan dengan inisiatif global dari prinsipal kami di Toyota Motor Corporation (TMC), kami menginformasikan dan sangat menghimbau bagi para pemilik kendaraan Toyota Voxy tahun produksi Oktober 2021 – Juli 2022 agar dapat segera mengecek kendaraannya apakah termasuk dalam daftar unit yang terkena recall di jaringan dealer resmi Toyota. Berkaitan dengan semakin dekatnya masa libur Idul Fitri. Toyota berupaya untuk memaksimalkan perbaikan demi mendukung lancarnya aktivitas masyarakat selama berlibur terutama bagi yang akan mudik ke kampung halaman,” ungkap Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto dalam siaran persnya.

Pemilik Toyota Voxy keluaran Oktober 2021 – Juli 2022 dihimbau untuk melakukan pengecekan ke dealer Toyota. Ini dilakukan sebagai komitmen Toyota dalam menjamin kualitas produk dan menjaga keamanan serta keselamatan setiap konsumennya.

Baca Juga: Mengenal Fitur Baru Toyota Safety Sense 3.0 pada Voxy 2022

Masalah dan Proses Penanganan pada Toyota Voxy

Recall Toyota terhadap model Voxy di Indonesia diakibatkan oleh masalah yang berpotensi malfungsi pada sistem Skid Control ECU (Electronic Control Unit). Adapun masalah pada sistem tersebut dapat menyebabkan mekanisme kinerja Electronic Parking Brake (EPB) terganggu.

Skid Control ECU sendiri memiliki fungsi yang penting pada sistem pengereman mobil. Modul ini menerima informasi dari sensor putaran roda dan mengirimkan perintah pengaturan ke brake actuator. Brake actuator memiliki fungsi mengatur tekanan hidrolis rem untuk setiap roda sesuai dengan perintah ECU.

Skid control ECU juga memiliki fungsi penting bagi sistem Anti-lock Braking System (ABS). ABS mencegah roda terkunci apabila pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Dengan adanya masalah ini, Toyota akan melakukan re-programming dan memperbarui sistem skid control ECU untuk mengatasi potensi malfungsi. Hal ini akan dilakukan oleh teknisi ahli, sehingga tidak akan mempengaruhi fitur lain pada kendaraan. Proses pengecekan dan pengerjaan berlangsung sekitar 1-1,5 jam tanpa dikenakan biaya dan penggantian komponen.

Pemberitahuan recall sudah diinformasikan kepada pengguna lewat surat resmi maupun situs resmi Toyota. Bagi pengguna yang memiliki Toyota Voxy, bisa langsung menghubungi jaringan dealer resmi Toyota terdekat.

Pengguna juga bisa menghubungi Toyota Consumer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315. Tersedia juga layanan Toyota Interactive Virtual Assistant melalui WhatsApp di nomor 08111500315 untuk melakukan pengecekan nomor rangka. Selanjutnya, pengguna akan diinformasikan apakah kendaraannya masuk ke dalam program recall Toyota untuk diarahkan mendatangi dealer dan melakukan perbaikan.

mobil terkait

Rp 778.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 245.000.000

Individu

BEKASI

Rp 250.000.000

Individu

BEKASI

Rp 105.000.000

Individu

GIANYAR

Rp 115.000.000

Individu

JOMBANG

Rp 128.000.000

Individu

JOMBANG


Kembali ke atas